Main Area

pesparawi xiii

Main

Komunitas Pendulang dan Pengepul Emas Harap Ada Ada Payung Hukum

foto: suasana pertemuan Komunitas Pendulang bersama Forkompimda Kabupaten Mimika di Hotel dan Resto 66 / Dok.Tabukanews.com

Timika, Tabukanews.com - Forum Komunitas Pendulang Kabupaten Mimika menggelar pertemuan dengan Forkompinda Kabupaten Mimika terkait masalah jual beli emas antara pendulang maupun pengepul emas yang berlangsung di Hotel dan Resto 66 di jalan Cendrawasih, Senin (17/9).

Hadir dalam pertemuan tersebut Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto S. IK. MH, Dandim 1710/Mimika Letkol Inf Pio L Nainggolan, Sekda Mimika Ausilius You, S. Pd. MM. MH, Perwakilan PT Freeport Indonesia Reymond Auparay dan beberapa pimpinan OPD dilingkup Pemkab Mimika dan ketua Komunitas Pendulang Kabupaten Mimika Simon Rahanyajaan beserta pengurus.

Sekda Mimika Ausilius You S. PD. MM. MH usai pertemuan bersama Kapolres, Dandim dan perwakilan komunitas pendulang mengatakan, pertemuan yang dilaksanakan telah disepakati bersama oleh Pemkab Mimika, pihak Freeport dan TNI Polri yang intinya akan membentuk tim kerja untuk merumuskan sebuah regulasi dan juga membentuk sebuah wadah untuk mengakomodir warga Pendulang tanpa mengesampingkan regulasi yang ada.

"Hasil pertemuan tadi telah disepakati bahwa waktu yang tidak terlalu lama kami akan membentuk tim untuk merumuskan sehubungan dengan regulasi juga wadah untuk sekaligus memperhatikan regulasi-regulasi yang dilegalkan," kata Sekda Mimika di hotel dan resto 66, Senin (17/9).

Ia menjelaskan, tim yang dibentuk berasal dari pihak Pemkab Mimika dalam hal ini Instansi terkait, pihak SLD Freeport dan TNI Polri yang akan melakukan pertemuan perdana pada besok hari untuk membahas aspirasi dari warga pendulang dan pengepul emas.

"Tim itu nantinya ada dari Pemerintah daerah, PT Freeport dan TNI Polri. Dan besok ini kami akan pertemuan untuk membahas hal ini," jelasnya.

Sementara itu terkait dengan proses jual beli emas. Kata Sekda aktivitas jual beli emas tetap berlangsung seperti biasa sambil menunggu tim yang dibentuk bekerja.

"Saat ini silahkan beraktifitas, selagi dalam pembahasan inilah, yang jelasnya besok itu kita sudah mulai siapkan segala macam soal SK dan sebagainya," ungkapnya. (Rfl).

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika