Main Area

Pelantikan dprd mimika

Main

Komunitas Pemuda Kei Timika Tampilkan Tarian Cakalele di Karnaval Nusantara

Para Pemuda Kei Timika saat memperagakan tarian Cakalele/ Foto : Tim

Timika, Tabukanews.com –  Komunitas Pemuda Kei atau KPK Kabupaten Mimika, turut ambil bagian dalam kemeriahan HUT RI ke- 74, salah satu tarian kebangaan cakalele ditampilkan sepanjang perjalanan hingga finis. Senin (12/8/19).  Ketua Komunitas Pemuda Kei (KPK) Yosep Temorubun,SH  mengatakan, Tarian Cakalele ini  memang sengaja ditampilkan untuk memeriahkan jalannya karnaval HUT RI.

“Komunitas Pemuda Kei (KPK) sudah mengikuti karnaval di Kabupaten Mimika. Kita merupakan Komunitas baru namun kita sudah dua kali mengikuti Karnaval yang diselenggarakan di Kabupaten Mimika,”kata Yosep.

Yosep menambahkan, setiap kali menampilkan tarian cakalele  pihaknya selalu menggunakan lagu-lagu daerah dengan menggunakan musik tifa dan seruling asal Pulau Kei Kabupaten Maluku Tenggara.

Meskipun selalu menggunakan karakter lagu dan iringan musik yang sama, lanjut Yosep, namun tarian yang ditampilkan setiap tahunnya namun para pemuda dan pemudi tetap semangat untuk menampilkan yang terbaik untuk memeriahkan HUT RI ke 74 Tahun di Kabupaten Mimika.
Tarian cakalele yang mana merupakan tarian khas masyarakat maluku termasuk dari  Maluku Tenggara kepulauan Kei.

Komunitas Pemuda Kei (KPK) Kabupaten Mimika, mewakili masyarakat Kei se-Mimika mengikuti Karnaval Budaya Nasional.

Pantauan pemuda KPK ini tampil dengan menggunakan pakaian khas budaya masyarakat Evav (Kei) dengan corak merah (celana) putih (singlet) sembari sepanjang jalan terus menampilkan Tarian Cakalele yang dilengkapi dengan tombak dan parang.

Tarian yang menyimbolkan harkat dan martabat masyarakat Kei ini mendapat apresiasi dan perhatian dari warga yang berada di sepanjang rute yang dilalui. Warga terlihat begitu menikmati tontonan budaya yang diperagakan pemuda-pemuda Kei ini.

Sepanjang perjalanan yang jaraknya 6 kilometer dari Jalan Belibis,  Yosudarso, hasanudin kembali Budi utomo dan finis di Bundaran Timika Indah. sesekali terdengar lantunan lagu-lagu Kei bernuansa adat juga dianyayikan oleh anak-anak KPK diiringi petikan dawai gitar.

Komunitas Pemuda Kei (KPK) pada karnaval kemarin tergabung dalam kategori umum bersama dengan pelajar SMA/SMK, kelompok kategorial serta paguyuban-paguyuban lainnya.(tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika