Main Area

bayar pajak daerah
pesparawi xiii kab mimika
PON XX Papua

Main

Komisi C DPRD Mimika Soroti Pembangunan Hanya Berkutat di Kota

Timika,TabukaNews.com - Para Legislator Komisi C DPRD Mimika menyoroti sistem perencanaan pembangunan oleh pemerintah, yang hanya fokus pada wilayah perkotaan saja. Sementara daerah pedalaman dan pesisir Mimika seakan terabaikan.

Ketua Komisi C Elminus Mom saat melakukan Kunjungan Kerja Rabu, (14/4)  ke Kantor Bappeda, menyoalkan pembangunan Jalan Cendrawasih yang dilakukan berulang-ulang. Sementara jalan-jalan sederhana bagi pemukiman warga Orang Asli Papua di kampung-kampung kurang dilirik pemerintah.

“Saya sangat menyesal, Pokir Dewan yang merupakan kebutuhan langsung masyarakat di akar rumput banyak yang tidak diakomodir pemerintah masuk dalam ABPD tahun ini. Padahal kami sudah ketemu langsung dengan warga dalam Reses Dewan. Mereka butuh apa, kami dorong di Pokir,” tegasnya

Sementara itu Wakil Ketua Komisi berharap Bappeda Mimika memberi priorotas pada program yang ada keberpihakan kepada Orang Asli Papua, sesuai dengan amanat Undang Undang Otonomi Khusus Otsus. 

“Pelayanan kesehatan dan pendidikan di kampung-kampung yang sering kali dijumpai petugas tidak berada di tempat. Fasilitas publik ditinggal kosong tidak ada pelayanan bagi warga yang membutuhkan. Kasihan warga kita orang asli Mimika ini tidak dilayani, padahal Pustu ada,” singgungnya.

Sementara itu Komisi C lainnya Leonardus Kocu meminta pemerintah mempunyai acuan tolak ukur pembangunan daerah, sehingga bisa akurat dan terukur terhadap capaian kinerja OPD-OPD pemerintah. “Hal ini akan menjadi pegangan bahan pengawasan bagi kamis sehingga kami bisa jelas dalam mengawal pembangunan ini. Supaya lebih maksimal. Jangan omong kosong saja, kita tertipu karena kerangka acuan tidak ada,”tandasnya. (Manu)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika