Komisi B DPRD Dorong Kehadiran Koperasi Menjawab Kebutuhan Warga

 Komisi B DPRD Dorong Kehadiran Koperasi Menjawab Kebutuhan Warga

Timika, Tabukanews.com - Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Mimika didorong untuk mendirikan koperasi di wilayah pesisir Mimika, guna menjawab kebutuhan warga terutama dalam pemasaran hasil tangkapan melaut warga dan juga guna menyediakan kebutuhan sembako warga.

Demikian terungkap dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi B DPRD Mimika, di aula serbaguna Kantor DPRD Mimika, Jalan Cenderawasih, pada Selasa pagi (26/04/2022), dipimpin Ketua Komisi Rizal Pata’dan.

Hal ini menindak-lanjuti kegiatan pengawasan Kunjungan Kerja (kunker) sebelumnya ke wilayah pesisir Mimika. Demikian pula dirasa sama halnya kebutuhan ini bagi warga yang berdomisili di pegunungan Mimika.

Selain tangkapan ikan, di Kampung Atuka Distrik Mimika Tengah, kata Rizal, dalam sebulannya bisa menghasilkan 3.000 buah kelapa yang dapat dimanfaatkan menjadi produk yang bernilai ekonomis tinggi. Hal ini bisa terwujud dengan kehadiran koperasi yang disupport pemerintah, sehingga ada hasil timbal balik bagi peningkatan PAD Mimika dari hasil bumi wilayah pesisir.

Selain itu Komisi B juga merencanakan akan melakukan studi banding ke luar daerah dengan mengajak dinas, yaitu ke tempat pengolahan kelapa seperti ke Manado Sulawesi Utara yang terkenal dengan hasil kopra-nya. Dan diharapkan sekembalinya ke Timika dinas bisa langsung aksi.

Menjawab usulan itu, Kepala Dinas Ida Wahyuni mengatakan, pendirian koperasi di wilayah pesisir dan pedalaman membutuhkan dukungan lintas sektor agar sukses dan berhasil. Pendirian koperasi menjadi sinergitas antar dinas terkait di lingkup Pemkab Mimika dan juga keterlibatan program dari PT. Freeport Indonesia. 

Kendala rute transportasi yang panjang, serta kurang mendukungnya alokasi penganggaran menjadi tantangan dinas guna mewujudkan pendirian koperasi di wilayah pedalaman, namun diakuinya masih ada juga koperasi yang berjalan selama ini.

Menjawab hal ini, Komisi B mendorong agar dinas mengajukan alokasi dana ke dalam APBD dan akan didukung pihak komisi khususnya bagi fungsi sejumlah Anggota Dewan di komisi B yang juga duduk di Badan Anggaran (Banggar) DPRD Mimika. 

Dalam RDP itu, selain Ketua Komisi Rizal Pata’dan, turut dihadiri Sekretaris Komisi B Tanzil Azhari, Anggota Komisi B, Anthon Pali’, Ancelina Beanal, Merry Pongutan, Nurman Karupukaro, Mathius Yanengga dan Kepala Dinas Ida Wahyuni serta jajarannya. (Manu)

Idul Fitri 1 Syawal 1443 H

dprd kabupaten mimika
keluarga johannes rettob
bpkad kabupaten mimika
kesbangpol kabupaten mimika
perhubungan kabupaten mimika
dprd kabupaten mimika
tanaman pangan kabupaten mimika
pendapatan daerah kabupaten mimika
tp-pkk kabupaten mimika
kampung nawaripi

Tentang Kami

Memberikan informasi yang benar karena kami Berpihak Pada Kebenaran yang Jernihnya Nyata