Main Area

bayar pajak daerah
pesparawi xiii kab mimika

Main

Komisi A DPRD Mimika Studi Banding Ke Mall Pemkab Barru, Sulsel

BARRU, TabukaNews.com - Komisi A DPRD Mimika berkunjung ke Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, Kamis (16/6) dalam rangka program studi banding DPRD Mimika untuk melihat produk layanan unggulan pemerintah Kabupaten Barru yaitu, Mall Pelayanan Publik Barru  Pelayanan Cepat (MPP Masiga).

Rombongan dari Timika itu disambut hangat oleh Bupati Kabupaten Barru, Ir H. Suardi Saleh, M. Si,  Sekretaris Daerah (Sekda),  Dr Ir. Abustan AB M.Si, Ketua DPRD Kabuaten Barru, Lukman T, Wakil Ketua I Drs H Kamil R.M, M.Si Kepala Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) , Syamsir, SIP, M.Si dan sejumlah kepala dinas di lingkup Pemkab Barru.

Dalam pertemuan itu Bupati Suardi Saleh mengatakan, program Mall Pelayanan Publik Masiga bertujuan untuk mempermudah warga mengurus berbagai hal di berbagai OPD dan instansi tehnis maupun vertikal dengan mudah tanpa dipersulit.

Di Mall itu ada pelayanan lengkap mulai dari, pajak pratama, Disdukcapil, PDAM, Badan Pertanahan Nasional, Pelayanan Samsat, PLN,  Urusan Kemenag, pelayanan  Imigrasi,  BPJS kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan, Dinas PUPR, Dinas Sosial, Bapenda, DPMPTSK, serta juga pelayanan Bank Sulselbar,  pelayanan Polres, Dinas Kesehatan, Dinas Perpustakaan dan Arsip, serta Dinas Pariwisata dan Dinas Koperasi UKM Perdagangan. Mall Pemerintah itu juga dilengkapi dengan tempat bermain anak dan juga tempat istirahat.

"Nah, dengan adanya MPP Masiga ini diharapkan setiap OPD maupun instansi lainnya tidak lagi menunjukkan ego sektoral atau ego masing-masing sehingga warga kesulitan. Program ini memang belum sempurna tetapi kita usahakan untuk bisa terus berjalan dengan maksud mempermudah pelayanan. MPP Masiga ini disambut warga dengan baik, karena situasi ruangannya, pelayanannya yang mudah bahkan ada tempat main dan istirahat bagi warga yang mengurus berbagai hal," ungkap bangga Bupati Barru.

Sementara itu dalam penjelasannya, Kepala Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Barru, Syamsir, SIP, Msi membeberkan MPP Masiga Kabupaten Barru diresmikan hampir dua tahun lalu dengan sistem mall atau seperti tempat belanja modern lengkap. Merupakan program pemerintah daerah Kabupaten Barru agar dapat memberikan pelayanan lebih maksimal dan lebih cepat dalam berbagai pelayanan bagi warga.

"Dengan program Mall Pelayanan Publik Masiga ini sangat memudahkan warga dalam mengurus berbagai hal dan terpusat pelayanannya d isatu tempat, dan secara cepat semua kebutuhan pelayanan warga Barru bisa terlayani dengan singkat. Di lokasi MPP Masiga semua kebutuhan warga bisa saling terkait atau berhubungan  dalam berbagai hal urusan atau  melengkapi berbagai surat dan administrasi warga Barru,"ungkap Syamsir.

Melihat layanan pemerintah di Kabupaten Barru, Ketua Komisi A DPRD Mimika Daud Bunga memberi apresiasi, dan menilai bahwa Mall Pemerintah itu merupakan terobosan yang luar biasa. Warga bisa mengurus keperluannya dengan cepat dan bisa langsung beberapa beberapa dokumen sekaligus tanpa harus ke sana ke mari. Mempersingkat pelayanan oleh OPD dan Instansi lainnya kepada masyarakat.

Daud berharap inovasi ini dapat ditiru dan diterapkan di Kabupaten Mimika sehingga mewujudkan layanan prima pemerintah dan menaikkan nilai kepuasan warga terhadap pelayanan pemerintah.

"MPP Masiga dapat ditiru dan diterapkan di kabupaten Mimika, karena di situ dapat melayani kebutuhan warga bukan yang hanya berkaitan dengan OPD di lingkup Pemkab saja tapi semua. Seperti pelayanan BPJS, PLN, PDAM, Samsat, Kesehatan, Disdukcapil bahkan sampai dengan soal pengurusan SKCK dari pihak Kepolisian semua ada di MPP Masiga," ujarnya

Senada, apresiasi diungkapkan anggota Komisi A lainnya, H.Iwan Anwar,SH,MH yang merupakan Legislator Mimika asal Kabupaten Barru. Katanya, dari hasil Studi Banding soal Pelayanan Terpadu MPP Masiga di Barru mampu menjawab kesulitan warga dalam mengurus dan membayar berbagai program dan kebutuhan warga seperti listrik, air, BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan, SKCK, Pembayaran pajak kendaaran dan masih banyak lagi pelayanan lainnya.

 “Hal ini tentunya menjadi bahan atau materi dari Komisi A yang akan coba diusulkan kepada pemerintah daerah, agar mempermudah warga dalam mengurus berbagai kebutuhan pelayanan," ungkapnya.

Anggota Fraksi Golkar ini, mengaku MPP Masiga di Barru merupakan inovasi terbaru dalam hal pelayanan publik dengan mengedepankan pelayanan prima dan mempercepat dalam birokrasi pelayanan pemerintah kepada masyarakat.

Dalam kegiatan studi banding di Barru, rombongan Komisi A juga menyempatkan diri bertatap muka dengan DPRD Kabupaten Barru di Kantor DPRD Barru.

Ketua DPRD Kabupaten Barru, Lukman T didampingi Wakil Ketua I, Drs H.Kamil menitip pesan kepada Pemerintah, DPRD dan seluruh warga masyarakat Kabupaten Mimika untuk bisa bersinergi dan secara bersama-sama bergandeng tangan membangun Kabupaten Mimika.

"Saya titip warga saya di perantauan yang ada di  Kabupaten Mimika, di mana warga Barru yang ada di Kabupaten Mimika dapat diterima dan bisa mencari nafkah di sana. Mohon maaf bila selama studi banding ada yang kurang menyenangkan atas nama masyarakat Barru menyampaikan permohonan maaf," tandasnya. 

Selain Ketua Komisi Daud Bunga, turut dalam program Studi Banding itu Wakil Ketua Komisi Nataniel Murib, Sekretaris Parjono, H. Iwan Anwar, SH, MH, Mariunus Tandiseno, S Sos, Reddy Wijaya, Miller Kogoya, S.sos, Tobias Maturbongs dan Yustina Timang bersama sejumlah staff Sekretariatan Dewan. (tim)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika