Main Area

Pelantikan dprd mimika

Main

Komisi A Berharap Pemkab Mimika Buat Posko Sementara Para Pengungsi

Ketua Komisi A, Saleh Alhamid/Foto : Tim Tabukanews.com

 

TIMIKA,TabukaNews.com- Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Mimika yang membidangi , Pemerintahan, Hukum Ham dan Pemerintahan  berharap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika menyiapkan posko penampungan sementara bagi para pengungsi dari beberapa kabupaten tetangga yang tidak kondusif akibat aksi anarkis sehingga banyak warga pendatang eksodus ke Timika.

"Pemkab Mimika harus alokasikan satu tempat khusus  untuk menampung para pengungsi sebagai rasa bentuk kepedulian atau kemanusiaan sebagai bentuk untuk mengurangi beban para pengungsi. Dan selanjutnya bila memungkinkan bisa memfasilitasi kepulangan mereka baik dengan menggunakan kapal pelni atau transportasi lainnya ke kampung halaman mereka masing-masing," ungkap Ketua Komisi A DPRD Mimika, Saleh Alhamid, di kantor DPRD Mimika, Papua, Rabu (2/10).

Saleh Alhamid mengatakan, perhatian Pemkab Mimika dimaksud sebagai antisipasi untuk mencegah adanya imbas atau berkembangnya masalah yang ada di Wamena ke Timika. Sebab Para pengungsi ini tinggalkan Wamena dengan berbagai trauma dan dendam karena kehilangan harta benda, keluarga dan hal berharga lainnya sehingga bisa menimbulkan gesekan.

"Berdasarkan hasil investigasi bahwa banyak para pengungsi dari berbagai suku walaupun telah ditampung oleh ketua ketua paguyubannya akan tetapi perlu adanya campur tangan Pemkab karena ini merupakan persoalan kemanusiaan. Ada sebuah hotel yang kamarnya kecil ditempati oleh lebih dari delapan orang sambil menunggu transportasi laut ke kampung halamannya,"katanya.

Bila para pengungsi ini tidak diatur dan tidak difasilitasi oleh pemerintah maka bisa saja mereka menetap disini dan semakin menambah jumlah warga Timika yang tanpa pekerjaan jelas.

"Ini akan menambah persoalan, sebab mereka mengalami trauma ditempat dimana mereka sebelumnya tinggal dan mencari. Kalau dampak ini tidak diantisipasi oleh Pemkab Mimika maka akan menjadi sebuah masalah dikemudian hari nantinya,"pintanya. (tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika