Main Area

keluarga besar johannes rettob
keluarga besar tabukanews

Main

Komaruddin : Sambut Pemilu 2024 Bebas Politik Nasi Bungkus

Timika, TabukaNews.com - Anggota DPR RI Komisi 2 Komaruddin Watubun menggelar kegiatan Sosialisasi Hasil Pengawasan Pemilihan Kepala Daerah Serentak tahun 2020. Sosialisasi diadakan menggandeng Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) pada Senin 29 November 2021 di Hotel Grand Tembaga Jalan Yos Sudarso.

Kepada media Komaruddin mengungkapkan alasan memilih Kabupaten Mimika sudah dua kali digelarnya sosialisasi itu adalah mengingat dinamika yang terjadi di Mimika terkait Pemilihan Legislatif yang berapa kali terkatung-katung di masa lalu dan di sisi lain keberhasilan Pileg 2019 kemarin, yang menandakan pembenahan Pemilu semakin baik di Mimika.

Beberapa aspek yang menunjang berjalan baiknya Pemilihan Umum di antaranya, hadirnya personil baik di KPU maupun Bawaslu yang memahami aturan dengan baik, sehingga tidak mudah diintervensi oleh pihak manapun terutama oleh penguasa, serta pengetahuan yang baik dan benar dari rakyat terhadap gelaran Pemilu itu sendiri.

Menurutnya, sistem perpolitikan yang terjadi di era sekarang lebih mengarah kepada politik liberal, ditandai dengan peran para pemodal yang menentukan arah kebijakan dan bahkan hasil Pemilu. Menjadi tantangan terkini agar Politik Nasi Bungkus tidak terjadi terus di seluruh daerah di Indonesia, termasuk di Papua dan juga di Kabupaten Mimika. Hal ini dinilainya sebagai pembodohan rakyat, dengan iming-iming bantuan sembako dan lainnya guna memperoleh suara rakyat.

Komaruddin berharap pembenahan terus dilakukan untuk menghadirkan Pemilu yang kuat, yang melibatkan kesadaran banyak pihak guna menghindari pola Pemilu Liberal menjadi Pemilu Demokrasi.

Dalam kesempatan itu turut hadir Wakil Bupati Mimika Johannes ‘Jhon’ Rettob, Wakil Ketua 2 DPRD Kabupaten Mimika Johannes Felix Helyanan ‘Jhon Thie’, Anggota DPRD Thobias Albert Maturbongs, Kepala Kesbangpol Mimika Yan Purba, beserta komisioner KPU dan Bawaslu Mimika serta Provinsi Papua. Juga hadir tokoh partai politik, tokoh masyarakat dan tokoh perempuan serta pemuda di Kabupaten Mimika. (Manu)

2022 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika