Main Area

pesparawi xiii

Main

Kodim 1710 Mimika Gandeng Distanbun dan Kelompok Usaha, Tanam Padi

Prajurit Kodim 1710Mimika bersama Distanbun Mimika turun ke sawah menanam padi bersama Kelompok Tani Milik Bersama di Mware Distrik Mimika Timur, Selasa 25 September 2018/ foto : Istimewa

TIMIKA, Tabukanews.com- Kodim 1710/Mimika  menggandeng Dinas Tanaman Pangan,  Holtikultura dan Perkebunan (Distanbun) Kabupaten Mimika dan Kelompok Tani Milik Bersama menanam padi seluas 5 hektar, di Kampung Muare Distrik Mimika Timur, Selasa (25/9)

Hadir dalam kegiatan tersebut, Letkol Inf Pio L Nainggolan, Komandan Kodim 1710/Mimika yang diwakili oleh Mayor Inf. Fahmil Harris, Kasdim 1710/Mimika beserta jajarannya, Daniel,Kabid Produksi Tanaman Pangan beserta beberapa stafnya serta Kelompok Tani Milik Bersama.

Kasdim Mayor Inf. Fahmil Harris, yang mewakili Dandim 1710/Mimika mewakili Dandim Mimika disela-sela kegiatan menyampaikan bahwa tanam padi ini sekarang menjadi salah satu program di tubuh TNI, yang mana ada di staf teritorial yang membidangi kegiatan ini.

"Dimana swasembada pangan ini kita galakkan untuk memenuhi kebutuhan utama, dalam hal ini beras untuk mencukupi kebutuhan di negara kita,"ungkapnya.

Dikatakannya bahwa untuk program ini dilakukan secara continue.

"Kegiatan bersama seperti ini setiap bulan kita laksanakan, nanti dilakukan secara bergiliran dengan mencari daerah-daerah yang mempunyai lahan pertanian, seperti sudah dilakukan kemarin itu di SP 5 dan sekarang di Kampung Muare,"ungkapnya.

Ditambahkannya bahwa dengan bekerjasama Dinas Tanaman Pangan,  Holtikultura dan Perkebunan (Distanbun) Kabupaten Mimika dan Kelompok Tani Milik Bersama ini untuk meningkatkan sumber daya pangan kita.

Ditambahkan, Daniel,Kabid Produksi Tanaman Pangan bahwa dengan adanya program ini, Distanbun terus membina kelompok tani karena karena kelompok tani harus terdaftar ke pusat.

"Kita juga harapkan bukan hanya program, tapi ada dari swadaya dari masyarakat. Dinas pertanian hanya mendukung dengan berikan bantuan sarana produksi seperti pupuk bibit,obat-obatan, alat-alat,"ujarnya.

Dikatakan, bahwa harapan dari dinas terhadap kelompok tani di Kabupaten Mimika ini bisa mandiri.

Ditambahkan Udin, Ketua Kelompok Tani Milik Bersama, Kampung Muare, bahwa bibit padi yang digunakan itu ada dua jenis, yakni jenis Situbagindi SS dan empare 32. Dan untuk hasil produksinya itu cukup memuaskan.

"Karena biasanya pada saat mau panen itu  sudah banyak dipesan oleh masyarakat, jadi cepat habis atau laku,"ujarnya. (tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika