Main Area

Main

KODIM 1710/MIMIKA Dukung Program Pemda Mimika Dalam Pembangunan Pertanian

Ilustrasi

Timika, TabukaNews.com – Dalam meningkatkan ekoniomi masyarakat di budang pertanian, Kodim 1710/Mimika ikut andil dalam mendukung program pemerintah daerah kabupaten Mimika di bidang pertanian dengan ikut menanam sayur dan buah.

Pasiter Kodim 1710/Mimika Kapten Inf Akhmad Zaini yang mewakili Komandan Kodim 1710/Mimika mengatakan dalam membantu kegiatan pencanangan gerakan penanaman sayur, buah dan umbi-umbian bertempat di lahan pertanian Kelompok Tani Maju Makmur, Jl. SP 5 Distrik Mimika Baru Kabupaten Mimika yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian, Perkebunan dan Hortikultura (Distanbun) Kabupaten Mimika, dan dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Mimika Bapak Johannes Rettob, pada  Kamis (14/11/2019).

Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob dalam sambutanya menyampaikan bahwa pengembangan tanaman dan hortikultura sangat strategis untuk mendukung upaya pemerintah dalam mensukseskan empat tujuan utama pembangunan pertanian diantaranya swasembada dan swasembada pangan berkelanjutan, diversifikasi pangan, nilai tambah daya saing dan peningkatan kesejahteraan petani.

"Dengan pencanangan gerakan penanaman komoditas sayuran, buah dan umbi-umbian ini diharapkan dapat memotivasi petani agar lebih bersemangat dalam mengelola usaha taninya serta diperlukan berbagai terobosan dan kerja keras yang luar biasa dari semua pihak khususnya para anggota kelompok tani dan petugas lapangan yang melaksanakan kegiatan dengan serius agar tercapai produksi tanaman pangan dan hortikultura yang meningkat" Ungkap orang nomer Dua di Kabupaten Mimika tersebut.

Selanjutnya disela-sela kegiatan tersebut Pasiter Kodim 1710/Mimika yang mewakili Dandim 1710/Mimika mengatakan bahwa Kodim 1710/Mimika akan senantiasa membantu Pemerintah dalam mensukseskan apa yang menjadi tujuan pencanangan ini sebagai dukungan untuk mensejahterakan para petani di Mimika dan untuk mendukung kegiatan PON 2020.

"Kegiatan penanaman ini juga dimaksudkan untuk mendukung PON 2020 yang diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan petani di Mimika" ungkap Kapten Inf Akhmad Zaini.

Lebih lanjut Pasiter juga menambahkan dalam upaya pengelolaan lahan pertanian dan peningakatan produksi tanaman pangan dan sayuran diperlukan infrastruktur dan sarana produksi pertanian yang memadai. Karena infrastruktur dan sarana merupakan salah satu faktor penting dalam proses usaha tani.

“Infrastruktur pertanian yang memadai sangat menentukan keberhasilan yang berdampak langsung terhadap kualitas tanaman bagi petani,” pungkasnya.

Pada pencanangan gerakan penanaman ini juga dilakukan penyerahan bantuan sarana prasarana kepada sembilan kelompok tani. (tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika