Main Area

Main

KNPI Kuala Kencana Menggelar Berbagai Kegiatan Secara Mandiri

Salah satu kegiatan yang digelar ada pertandingan Sepakbola/ foto : dok Tabukanews.com

TIMIKA, TABUKANews.com - Disaat KNPI Kabupaten Mimika terlihat seperti mati surih, KNP Distrik Kuala Kencana justru secara mandiri tanpa didukung sponsor, terus melangsungkan berbagai kegiatan pemuda guna menghidupkan peran kepemudaan di distrik ini.

Dalam rangka memperingati HUT Kabupaten Mimika ke-22 dan mencari dana perayaan Natal kepemudaan pada desember nanti, pemuda KNPI Distrik Kuala Kencana  yang juga tergabung dalam organisasi GKII menggelar perlombaan sepakbola putera-puteri.

Kegiatan yang dipusatkan di lapangan bola SP12 Kampung Utikini, mendapat respon dari berbagai pemuda diseputaran Kota Timika. Pertandingan saat ini diikuti oleh pemuda dari berbagai wilayah yakni, SP 5, 6, 7, 9, 12, 13, SP 2 dan 3. Selain itu diikuti juga oleh pemuda Iwaka dan Jayanti.

“Pertandingan ini untuk menggalang dana natal pemuda se-distrik kuala kencana. Kita sudah mulai dari minggu lalu. Panitia dari kita sendiri. Ini kegiatan kesekian yang kita lakukan untuk pemuda, tanpa sponsor. Uang pendaftaran itulah yang kita kelola,” jelas Pertius Wenda Ketua DPC Kuala Kencana kepada wartawan, Minggu (14/10).

Ia mengatakan, berbagai kegiatan yan dilakukan selama sebagai upaya merubah paradigma pemuda di wilayah Kuala Kencana dan sekitarnya agar terus berpikir positif dan tidak mudah dipengaruhi oleh berbagai persoalan yang ada.

“Niat kami menghapus stigma Mimika sebagai minggu-minggu kacau. Kita ingin arahkan perhatian pemuda ke lapangan agar tidak mudah dipengaruhi hal-hal negatif. Kita potong matang rantai itu agar fokus mereka hanya di sekolah, kerja, rumah dan lapangan. Ini juga agar selalu ada hubungan dan ikatan antara pemuda yang satu dengan lain,” ungkapnya.

Pertius yang juga sebagai ketua pemuda tiga Kampung Utikini, mengatakan, selepas kegiatan sepakbola dan natalan bersama nanti, pemuda Kuala Kencana berencana akan menggelar HUT Utikini pada 24 Februari tahun depan.

“Kita sudah siapkan rencana dan konsepnya nanti. Pembentukan panitia kita lakukan usai natal nanti. Selama ini tidak ada perhatian dari PTFI dan pemerintah. Tapi kita swadaya sendiri. Ada satu tokoh masyarakat namanya Depia Mom dia yang selalu melihat dan membantu kekurangan anak-anak, termasuk hadiah untuk HUT nanti. Anak-anak bersyukur karena ada perhatian dari dia,” jelasnya.

Ia berharap ke depan pemerintah daerah dan PTFI melihat apa yang mereka lakukan. Menurutnya pemuda KNPI Kuala Kencana tidak harus melakukan kegiatan dalam skala besar untuk mendapat pengakuan dari semua pihak.

Namun namun hal kecil yang telah mereka lakukan sangat berdampak pada spirit kebersamaan, sportifitas, kekeluargaan dan rasa saling menghormati dan menghargai antara satu dan lain.

“Kadang kita putar uang yang ada dengan menjual es. Semua ini hanya karena niat dan kemauan pemuda disini. Kalau bukan pemda dan PTFI, siapa lagi yang bisa melihat hal-hal positif ini. Berikan mereka perhatian agar mereka juga tahu bahwa ada orangtua mereka yang melihat apa yang selama ini mereka buat. Ini juga untuk Mimika. Kita ingin negeri ini menjadi rumah yang nyaman bagi semua orang terutama pemuda,” jelasnya.

Ia berharap suatu waktu pemerintah atau PTFI membantu menyediakan sarana olahraga bagi pemuda di wilayahnya terutama di sekitaran Kampung Utikini.

“Kita sudah punya lapangan, kita berharap suatu saat ada lapangan semi permanen disini. Lebih lagi kalau ada satu sentral khusus olahraga disini agar kita bisa salurkan bakat anak-anak muda selain bola kali, juga voli, basket dan beberapa olahraga lainnya,” harapnya.(Tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika