Main Area

pesparawi xiii
HUT Republik Indonesia Ke 75
HUT Republik Indonesia Ke 75
HUT Republik Indonesia Ke 75

Main

Klaster Timika Paling Siap Selengarakan PON XX

Rombongan saat meninjau Graha Eme Neme Yauware/Foto : Tim

 

Timika, TabukaNews.com – Setelah melihat kesiapan sarana dan prasarana penunjang PON XX klaster Timika, Ketua Komite Olaraga Nasional Indonesia (KONI) pusat optimis atlit Atletik Papua bisa Pecahkan Rekor Nasional Maupun Internasional.

 

Ketua Koni Pusat beserta Tim dari Kemenpora, Selasa (11/2/20) berkunjung ke Mimika melihat beberapa Venue mulai dari Gedung Eme Neme yang digunakan untuk Judo dan Tarung derajat, kemudian melihat kesiapan wisma Atlit yang baru saja dibagun oleh PUPR kemudian melihat  arena Atletik di Mimika Sport Complex dan melihat gedung Basketnya, kemudian, melanjutkan ke tempat futsal.

 

“ Untuk kesiapan Kabupaten Mimika saya rasa cukup baik hanya satu yang belum selesai yaitu gedung Biliar dimana pembangunan baru 40 persen.” Ujar Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Norman, usai mengunjungi Venue PON Mimika.

 

Ketua Umum KONI Pusat  berharap dalam waktu lima bulan sisa ini gedung Biliar dapat diselesaikan, tetapi, secara umum kesiapannya luar biasa. Apabila dilihat lapangan basketnya, kemudian Mimika Sport Centernya rasa tidak ada alasan kedepan untuk mimika tidak bisa, memberikan kontribusi Atlit Atlit Nasional.

 

“ yang berprestasi Internasional karena kita lihat betapa baik itu Mimika Sport Center nya untuk kesiapan Atlit-atlit Atletik kemudian lapangan basketnya sangat baik kemudian fasilitas fasilitas lainnya sangat menunjang,” jelasnya.

 

Oleh karena Marciano optimistis, pada pon 2020 ini, atlit atletik papua akan bisa berprestasi baik di Mimika ini. dan Atlet Atlet Atletik bisa memecahkan rekor baik nasional bahkan rekor internasional karena lapangannya merupakan standar yang sangat baik.

 

Kemudian lanjutnya, Atlit-atlit yang lain bisa juga memanfaatkan sebaik-baiknya, kesiapan yang diberikan oleh tuan rumah untuk bisa melaksanakan PON dengan sebaik-baiknya.

 

“Saya yakin masyarakat Mimika akan menjadi tuan rumah yang baik dan PON akan berjalan secara aman, lancar dan mendapatkan prestasi yang banyak.” Ujarnya.

 

Sementara untuk wacana 10 cabang olahraga yang akan dimainkan di luar papua KONI pusat belum bisa memastikan karena masih menunggu kaputusan dari pemerintah. Sehingga apapun Keputusan Pemerintah yang diberikan KONI dan Menpora siap melaksanakan dengan sebaik-baiknya.

 

Tetapi, konsentrasi pelaksanaan PON di Papua dan itu merupakan konsentrasi utama. Mengajak masyarakat untuk tunjukkan kepada Dunia, bahwa pelaksanaan PON di Papua ini betul betul bisa menjadi kebanggaan seluruh masyarkaat Papua dan Indonesia.

 

Sementara itu Deputi III Kemenpora, Raden Isnanta memberikan apresiasi tidak bisa dibantah lagi dimana Venue sudah sangat baik, karena kurang pun pasti optimis dalam waktu lima bulan ini akan diselesaikan semuanya. Baik itu Biliar karena kerangka besarnya sudah selesai karena itu yang berat namun telah disampaikan bahwa itu sudah selesai. Namun yang harus dipersiapkan adalah kesuksesan dari sisi Brinding.

 

“untuk menjadi tuan rumah PON itu mahal. Artinya tidak sekedar lapangan selesai pertandingan selesai bagaimana Papua terutama Mimika jadi tuan rumah dan penerima tamu yang baik disitu, 32 Provinsi akan mengatakan Papua Indah, Papua baik, Papua itu Kren, Rama, dan segalanya Kren.” Jelasnya.

 

Selain itu dapat menciptakan imets positif bahwa Papua itu aman, Indah,wisata nya bagus,alamnya bagus. kuncinya adalah pada bidang promosi, jadi gedung sudah bagus begini secepatnya di brending, dijalan jalan sudah harus di brending. Sehingga masyarakat selalu akan melihat selain itu juga melalui media massa dimana semangat PON ini.

 

Kemudian di Kemenpora tentu akan segera kuatkan publikasi melalui berbagai media baik cetak, online dan elektronik keseluruh penjuru Indonesia. Namun kita ingin membendung nasional tentunya posisi disini sudah menjadi posisi siap untuk dikatakan bagus. Tidak hanya Venue nya Modal awal Venuee akan kita sampaikan ke masyarakat bahwa luar biasa pembagunan Venuenya dan mahal.

 

“kita harus menyiapkan dan memproduksi Atlit-atlit unggulan yang sesungguhnya adalah Atlit-atlit Papua baik Atletik, Basket dengan fasilitas yang sudah ada dan asrama yang sudah siap, lapangan, alat perlengkapan semuanya sudah komplit kenapa tidak dilakukan kaderisasi Atlit-atlit mudah sehingga benar-benar efek PON itu terasa.” Harapanya.

 

Sekda Mimika Marthen Paiding pada kesempatan itu mengatakan Pemerintah Daerah memang konsentrasi dalam melakukan pembagunan persiapan untuk pelaksanaan PON dibuktikan dengan Tahun ini, penetapan APBD lebih awal kemudian pelaksanaan juga lebih awal sehingga apa yang sudah diprogramkan untuk penunjang PON Pemda optimis bahwa itu akan selesai pada waktunya.

“Tidak ada keraguan bahwa persiapan dari pelaksanaan PON itu tidak akan tercapai kita tetap optimis bersama sama dengan empat Kabupaten lainnya dan provinsi untuk menyukseskan PON di Papua. Untuk semua Venue akan siap di bulan Juli, Target kita ya harus bulan Juli sudah selesai. Termasuk penunjang penunjang jalan yang ada, semua ini akan selesai dengan waktu yang sudah ditentukan.” Ujarnya. (tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika