Main Area

Main

Ketua KPUD, 6 Balon Perseorangan Belum Memenuhi Syarat

TIMIKA, TABUKAnews. Com - Ketua KPUD Mimika, Theodora Ocepina Magal mengatakan, enam bakal calon (balon) bupati dan wakil bupati dari jalur perseorangan pada pilkada serentak 2018, belum memenuhi syarat .

Ia menambahkan, ke-6 bakal calon (balon) bupati dan wakik bupati setelah hasil Pleno KPU Kabupaten Mimika maka, ke-6 balon belum memenihi syarat (BMS). Ia mengatakan bahwa dari hasil Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Verifikasi Faktual Dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan Tingkat Kabupaten Mimika, enam calon perseorangan dinyatakan BMS.

"Ke-6 bakal calon dari jalur perseorangan dinyatakan BMS,"kata Ketua KPU Ocepina Magal saat ditemui usai pelaksanaan pleno di aula hotel grand tembaga, Senin (8/1) dini hari tadi.

Ia mengatakan bahwa dari Rekapitulasi Hasil Verifikasi Faktual Dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan Tingkat Kabupaten Mimika, pasangan Hans Magal – Abdul Muis memperoleh dukungan 18.761, pasangan Robertus Waropea – Albert Bolang memperoleh 14.552, pasangan Maria Kotorok – Yustus Way memperoleh 13.121, pasangan Pit Yan Warin -  Alpius Edoway memperoleh 14.139, pasangan Philipus Wakerwa – H Basri memperoleh 3.639, dan pasangan Mus Pigai – Allo Rafra memperoleh 13.214.

Ia mengatakan bahwa jumlah tersebut masih jauh dari jumlah yang ditentukan oleh KPUD Mimika, yakni sebesar 22.273 untuk  jumlah tersebut 10 persen dari daftar pemilih tetap (DPT) Kabupaten Mimika pada Pileg 2014 sebesar 222.721.

Disampaikan Ketua KPU bahwa BMS dan berdasarkan ketentuan, maka jumlah kekurangan tersebut digandakan atau dikalikan dua sehingga untuk masa perbaikan sendiri sampai pada 12 Februari 2018. 

"Kalau dinyatakan lolos, maka ditetapkan sebagai calon yang bisa maju pada pilkada serentak 2018 nanti, ke-6 balon calon bisa melakukan pendaftaran karena sudah menerima B7KWK (Perseorangan Rekapitulasi Dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan Dalam Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur/Bupati Dan Wakil Bupati/Walikota Dan Wakil Walikota Di Tingkat Kabupaten/Kota), sebagai dasar mereka untuk mendaftar. Dimana pendaftaran sendiri pada 8-10 Januari 2017,"ujarnya.(TIM)

2018 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika