Main Area

pesparawi xiii
ulang tahun ke 36

Main

Ketua DPRD AJak, Pemkab Jangan Sembarangan Gunakan Dana Otsus

                                   Ketua DPRD Mimika Elminus B Mom/ Foto : dok tabukanews.com

TIMIKA, TABUKANews.com - Ketua DPRD Mimika Elminus B Mom menegaskan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) untuk tidak sembarangan menggunakan dana Otonomi Khusus (Otsus) yang disalurkan Pemerintah Pusat (Pempus) kepada masyarakat Papua.

Menurutnya dana Otsus harus digunakan sesuai dengan azas manfaatnya, dan pembagian dana Otsus sudah disampaikan kepada setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Mimika.

"Dana Otsus itu, sudah di bagi kepada setiap OPD. Dinas Pendidikan dan Kesehatan mendominasi pos pembagian dana Otsus Anggaran yang paling besar digunakan untuk Dinas Pendidikan, dan Kesehatan. Sudah terbagi habis. Semua OPD mendapat bagian," kata Elminus saat ditemui di kantor DPRD Mimika, Kamis (3/5).

Elminus mengatakan dana Otsus Kabupaten Mimika 2018 inI mencapai Rp100 miliar lebih. Dengan jumlahnya cukup besardana ini harus di kelola dengan baik, dan biarkan masyarakat yang mengelola dana ini agar bisa langsung menyentuh masyarakat.

"Hasil studi banding di Aceh kemarin itu yang diterapkan di Aceh bahwa dana Otsus di daerah tersebut langsung di kelola oleh masyarakat. Sehingga pembangunan bisa berjalan dengan baik dan dana tersebut benar-benar dimanfaatkan oleh orang asli," tuturnya.

Menurut Elminus selama ini penggunaan dana Otsus di Kabupaten Mimika tidak pernah digubnakan untuk memberdayakan masyarakat Mimika asyarakat Papua. Yang ada pengelolaan dana Otsus oleh Pemda untuk menjalankan program prioritas pemerintah  bukan prioritas untuk masyarakat.

“Penggunaan dana Otsus bisa untuk pembangunan fisik tapi harus lebih untuk peningkatan perekonomian masyarakat Papua.Untuk tahun ini, penggunaan dana Otsus tidak boleh lagi main-main. Gunakan dana tersebut langsung menyentuh masyarakat Papua," ungkapnya.

Elminus mengimbau,  kedepan dana Otsus bisa digunakan untuk peningkatan perekonomian orang Papua. Salah satu contoh, misalnya pemberian modal usaha kepada usaha kecil menengah kepada masyarakat asli Papua dalam meningkatkan usahanya.

"Penggunaan dana Otsus itu harus untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Papua. Berikan mereka modal dalam menunjang usaha mereka, terutama Mama Papua. Tidak hanya buat Mama-mama saja, kaum bapa juga harus dapat di berikan modal untuk meningkatkan jiwa seni untuk melukis atau mengukir," jelas dia. (tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika