Main Area

pesparawi xiii

Main

Ketatnya Pengawasan, Tenaga Kerja Asing Di Timika Menurun

Ilustrasi 

Timika,TabukaNews.com – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Mimika. Mengklaim bahwa jumlah Tenaga Kerja Asing (TKA) yang terdata saat ini menurun hanya sekitar seratusan lebih.

Alasan penurunan jumlah TKA itu terjadi lantaran izin masuk atau bekerja harus dilakukan langsung ke Kementerian RI dalam bentuk notifikasi dan RPTKA atau surat keputusan yang diterbitkan oleh Departemen tenaga Kerja dan Transmigrasi.

"Jumlah TKA kita saat ini hanya seratusan lebih saja," Ungkap Kabid Penempatan dan Pelatihan Kerja, Disnakertrans Mimika, Jehuda B.B Okobiarek, Senin (14/10).

Dengan jumlah seratusan lebih ini menurut dia, sangat jauh menurun jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya yang mencapai enam hingga tujuh ratusan tenaga kerja asing.

“Kesulitan untuk mengawas persoalan TKA, karena semuanya langsung berurusan di Kementerian.” Ujarnya.

Apalagi saat ini tidak lagi menggunakan IMTA, tapi berupa notifikasi sehingga Disnaker hanya melakukan validasi data yang diterbitkan Kementerian.

"Memang seharusnya karena mereka keja di Timika maka Disnaker yang mendata supaya retribusinya juga masuk ke Disnaker. Biasanya kalau retribusi TKA itu langsung ke kas daerah melalui Bank Papua," jelasnya. (tim).

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika