Main Area

pesparawi xiii
dprd kabupaten mimika

Main

Kerusakan Fasilitas Akibat Banjir, Wabup Langsung Koordinasi ke Wamen PUPR


Timika,TabukaNews.com –  Usai melihat beberapa wilayah yang terkenap bencana alam baik di wilayah pegunungan, Distrik Tembagapura Distrik Iwaka dan beberapa wilayah di pesisir, beberapa fasilitas umum maupuan perumahan warga rusak parah, Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob Langsung melaporkan situasi tersebut kepada Wakil Menteri Pekerjaan umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Jhon Wempi Wetipo.
"Saya sudah lapor ke wamen PUPR dan mereka akan segera tindaklanjuti ini. Wamen sudah langsung perintahkan kepala balai dan kepala satuan kerja untuk perhatikan ini dan dalam  satu dua hari ke depan mereka ke Mimika," ungkap Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob, Minggu (2/8).
Wabup  menjelaskan, pada Sabtu (1/8),  mendatangi posko banjir bandang dan longsor empat kampung Distrik Tembagapura di Jayanti, bertemu dengan tokoh masyarakat Aroanop, Isak Jangkup dan 4 kepala kampung yakni Kampung Jagamin, Baluni, Omponi dan Ainggogin.
"Saya dinsana untuk lakukan koordinasi dan ingin tahu secara detail terkait dengan informasi banjir bandang dan longsor di 4 Kampung ini Arwanop," ungkapnya
Selain itu, ia juga ingin memastikan berapa kerugian materil dan korban jiwa seperti yang diinfokan dan apa yang menjadi hal mendasar kebutuhan masyarakat saat ini.
"Informasi dari masyarakat di sana bahwa 6 jembatan yang dibangun PTFI rusak termasuk 8 rumah dan kerusakan terbesar di Baluni dan sekolah Jagamin. Hanya saja kita belum bisa pastikan kebenarannya sehingga saya tadi suruh 4 kepala kampung ini bersama kepala distrik, mereka harus kembali ke kampung. Setelah mereka data semua keadaan disana, mereka akan infokan ke kita," jelasnya.
Selian itu, di Kampung Miyoko dan Atuka karena mereka juga mengalami musibah yang sama, dijelaskan, untuk di Atuka air mulai surut tetapi di Miyoko masih terendam.
“Saya tidak ke Aikawapuka, tapi infonya di sana juga masih terendam. TNI Polri juga sudah kesana. Masyarakat di sana juga butuh bantuan yang sama sehingga semua harus kita perhatikan sama sama ," ujarnya.
Wabup John menambahkan untuk situasi keamanan saat pendistribusian khususnya di wilayah pegunungan nantinya akan dikoordinasikan bersama dengan TNI Polri.
"Untuk keamanan kami tetap koordinasi dengan TNI Polri tapi tadi kami minta ke kepala kampung untuk melaporkan situasi di sana juga ke pemerintah karena ini musibah. Jangan sampai bawa bantuan ada persoalan lain. Makanya semua harus dilaporkan secara detail," ungkapnya.
Kesempatan itu juga Wabup memberikan apresiasi kepada warga masyarakat Aroanop yang ada di Kota Timika yang merspon cepan dengan mendirikan posko bantuan tampa menunggu lama.
"Ini merupakan rencana baik karena mereka memulai dari lingkungan dan keluarga dulu sebelum kelompok lain memberikan bantuan. Kami pemda pasti beri bantuan dan ke depan semua harus satu pintu supaya mudah dikoordinir berjalan dengan baik tepat sasaran," ungkapnya.
Selain bantuan bahan makanan, satu hal yang mendasar yaitu bantuan obat-obatan dan medis.
"Yang paling penting obat-obatan dan tenaga medis, di beberapa kampung yang terkena dampak serupa juga menyampaikan hal ini. Jadi semua ini kita harus perhatikan," ujarnya.(tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika