Main Area

Main

Kepulangan Mahasiswa Papua, Bupati Akan Duduk Bersama Forkompinda

Bupati Mimika Eltinus Omaleng,SE,MH/ Foto : Tim 

Timika,TabukaNews.Com – Menyikapi kepulangan mahasiswa dan pelajar yang melakukan studi di Jawa,  Bali,  Makassar dan Manado Bupati Mimika Eltinus Omaleng SE MH,  akan mengelar rapat bersama forum Koordinasi pimpinan Daerah (Forkompinda)  Kabupaten Mimika.

"Karena kemarin saya dapat telepon dari Surabaya bahwa anak-anak disana tidak nyaman dan mau pulang,"Bupati ketika memimpin apel gabungan di lapangan Sentra Pemerintahan SP3,Senin (9/9/19).

Kata Bupati,bahwa dengan mendapatkan informasi tersebut,dirinya menyampaikan agar mereka melakukan pendaftaran terlebih dahulu.

"Jadi ini akan kita rapatkan dulu dengan forkopimda yang ada, hasilnya seperti apa dan kita akan turun dan memang kalau tidak bisa kita akan pulangkan anak-anak kita yang ada di se Jawa Bali. Untuk imformasi bahwa mereka aman atau tidak itu kami tidak tahu,"katanya.

Sementara Kepala bagian SDM Kabupaten Mimika Hengky Amisin saat dimintai keterangan, menyampaikan bahwa dengan adanya informasi tersebut untuk secara resminya belum diperoleh.

"Kami belum bisa pastikan informasi resminya seperti apa. Jadi informasi yang berkembang ini harus kami cek kembali,"ungkapnya.

Menurutnya,apabila kalau keamanannya tidak terjamin pasti Pemda dengan lembaga yang mengirim mereka yaitu LPMAK pasti akan mengambil tindakan bagaimana kedepannya.

"Nanti kita bicarakan lagi, dan kita akan koordinasi dengan LPMAK karena peserta beasiswa LPMAK yang dibantu oleh Pemda Mimika. Jadi sementara ini tidak ada informasi yang emergency,memang ada yang banyak sms tapi kami belum bisa pastikan informasi itu,karena situasi saat inikan sudah aman," ungkapnya.

Isu yang berkembang bahwa adanya himbauan dari Bupati Mimika kepada mahasiswa di luar Papua untuk kembali ke Timika rupanya tidak benar adanya infoemasi tersebut. 

Senin siang Kapolres Mimika dengan sigap mengambil langkah dengan membentuk tim inveatigasi dan penyelidikan terkait informasi kepulangan pelajar dan mahasiswa sekitar 22 mahasiswa dan pelajar di lokon Manado. 

Bersama Dandim Kepala Dinas Pendidikan dan Sekretaris Eksekutif Lembaga Penhembangan Masyarakat Amungme dan Kamorp (LPMAK),  mengelar peetemuan menyikapai pemasalahan tersebut dengan mengundang orang tua para pelajar dan mahasiswa untuk duduk bersama. 

Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto mengatakan kepolisian akan membentuk tim investigasi untuk  mengusut siapa penyebar isu yang menyesatkan kepada pelajar dan mahasiawa. 

“Saya tunjuk kasat intel dan kasat narkoba untuk membentuk tim guna menyelidiki permasalahan ini, “ katanya.

Berdasarkan informasi yang berkembang bahwa pelajar dan mahasiswa di Manado diminta untuk pulang ke Timika itu karena adanya provokasi dari oknum tertentu yang memberikan informasi hoax,  bahwa pemda Mimika menyeruhkan kepulangan mahasiswa. 

Sehingga diharapkan para pelajar untuk kembali melanjutkan studi sampai tuntas di tempat belajar mereka sampai selesai.

“Panglima TNI dan Kapolri telah memberikan jaminan keamanan kepada seluruh palajar papua yang mengenyam studi di luar papua,jangan takut “ jelasnya.

Menambahkan apabila ada tindakan intimidasi atau persekusi yang mengancam maka segera melaporkan kepihak yang berwajib.

Sementara itu Sekretaria Eksekurif LPMAK Abraham Timang berharap kepada pera pelajar dan mahasiswa di luar papua agar tidak terpengaruh dengan ajakan oknum yang tidak bertangungjawab, silakan belajar swpweti biasa hingga selesai baru kembali untuk membangun papua.  (Tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika