Main Area

pesparawi xiii
ulang tahun ke 36

Main

Kepemilikan Lapak Melalui Berita Acara, Jual Beli Lapak Akan Dikenakan Sanksi

Para pedagang Pasar Sentral saat mendapatkan arahan dari Disperindag/Foto:Ricky Lodar

Timika, Tabukanews.com - Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Mimika Bernadinus Songbes mengatakan, untuk mengantisipasi terjadinya jual beli lapak yang disediakan oleh pemerintah, pihaknya Tengah melakukan pendataan terhadap seluruh pedagang yang berada di Pasar Sentral

"Untuk sementara Kabid perdagangan dan staf lagi mengolah data itu yang nantinya akan dijelaskan kepemilikan lapak lapak itu," kata Bernadinus Songbes ketika ditemui di pasar sentral, Jumat (12/7).

Ia menjelaskan berdasarkan hasil pendataan para pedagang tersebut nantinya akan di paparkan kepada panitia besar yang mana didalamnya terdapat pimpinan daerah dan forkompinda sebagai dasar untuk melakukan relokasi pedagang ke pasar sentral.

Hasil pendataan terhadap para pedagang yang dilakukan oleh bidang perdagangan Disperindag nantinya akan disusul dengan berita acara cara dan penandatanganan surat pernyataan sebagai penegasan bahwa lapak tersebut telah ditempati dan dipergunakan untuk proses perdagangan.

"Kami akan mempresentasikan daya tampung Pasar Sentral setelah dibongkar Pasar Lama, Pasar Gorong-gorong dan pasar damai jadi di tidak ada yang namanya jual beli lapak karena ada surat pernyataan yang ditandatangani," terangnya.

Namun apabila di kemudian hari ditemukan para pedagang yang melakukan jual beli lapak maka akan menerima konsekuensinya. Di dalam surat pernyataan tersebut juga dicantumkan sanksi sanksi bagi oknum yang menjual lapak sanksi tersebut berupa pemerintah akan menarik kembali telapak kaki yang telah diberikan dan selanjutnya oknum tersebut dikeluarkan dari Pasar Sentral.

"Di dalam surat itu sudah ada item-item yang menjelaskan terkait dengan itu dan ketika dia Langgar berarti pemerintah akan mengambil kembali demi yang bersangkutan juga kami kasih keluar," tegasnya. (Jrl).

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika