Main Area

pesparawi xiii
robby omaleng

Main

Kepala Kampung Berharap Tiap Minggu Dinas Koperasi Beli Hasil Jualan Mama-mama Papua

Timika, TabukaNews.com – Guna perekonomian pedagang khususnya mama-mama papua, Kepala Kampung Nawaripi sangat berharap Dinas Koperasi Kabupaten Mimika bisa membantu dengan membeli hasil jualan mama-mama papua.

"Ini harapan saya sebagai kepala desa,  bukan hanya hari ini saja tetapi dalam satu Minggu dilakukan satu kali. Hal ini untuk dapat membantu masyarakat kita khusus orang Papua," kata Kepala Kampung Nawaripi, Norbertus Ditubun. Selasa (31/03/20).

Menurutnya, bahwa sesuai himbauan Bupati bahwa pasar ditutup tidak ada aktifitas penjualan, sehingga pemda harus wajib memperjatikan ekonomi masyarakat di kampung Nawaripi.

"Jadi selama ada himbauan pasar tutup,  Pemda punya perhatian untuk para pedangan dan ini sangat membantu warga dan sekaligus untuk memutus mata rantai wabah Virus Corona," ungkap kepala kampung Nawaripi.

Terkait demgan hal ini, kata Norman bahwa dirinya sudah mendapatkan informasi dari Kepala Distrik agar kepala Kampung Nawaripi harus kumpulkan semua warga asli Papua yang ada di Nawaripi yang mempunyai data KK.

"Dengan tujuannya agar pemerintah daerah mau membantu masyakarat Nawaripi," ujar Norman.

Sebelumnya Kepala Dinas Koperasi menyampaikan, bahwa dengan membeli hasil jualan mama-mama papua itu sebagaimana perintah Bupati Mimika.

 

"Karena Nawaripi baru dan Koperapoka ini kebunnya di tanggul barat. Hal ini juga karena transportasi sudah diberhentikan pertanggal 25 kemarin. Jadi memang mereka sudah tidak bisa lagi ke kota," ungkapnya.

Untuk mekanisme pembelian hasil jualan mama-mama papua, kata Ida akan dijadwalkan seminggu sekali setiap Kampung.

"Barang-barang yang dibeli itu berupa sayuran,serta ubi serta hasil kebun lainnya yang sering dijual oleh mama-mama kita ini. Dan ini kampung kedua yang kita dari Tim Covid 19 sudah membeli," katanya.

Ia juga berharap kedepannya PT Freeport Indonesia yang berkontribusi untuk lima kampung yang terdampak. Sehingga pemerintah daerah bisa membantu lagi masyarakat yang terluar. 

"Kegiatan ini berlangsung sampai dengan adanya keputusan Bupati bahwa ini benar-benar sudah aman," harap Ida.

Ditambahkannya, bahwa selain membeli hasil jualan mama-mama papua, Tim Covid 19 juga memberikan bantuan kepada masyarakat khususnya orang Papua yang disalurkan melalui kepala Kampung.

"Bantuan sebanyak 2, 5 ton berupa beras, gula,kopi, susu bayi dan minyak. Bantuan ini Kita fokuskan memang kepada pelaku pelaku UKM yang ada di Kampung agar tetap bisa berjalan walaupun skala kecil," ungkap Ida. (tim)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika