Main Area

Main

Kemenkes Siap Beri Bantuan Alkes, Apabila Ada Pustu

Doddy pusat krisis kesehatan Kementrian Kesehatan RI / Tim Tabukanews.com

 

 

Timika, Tabukanews.com - Doddy pada pusat krisis kesehatan Kementrian Kesehatan RI, Rabu (31/7) mengatakan, pihak Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes) RI siap melengkapi alat kesehatan (Alkes) apabila Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika siap membangun Puskesmas Pembantu (Pustu) di Kampung Mandiri Jaya.

"Seperti yang saya sampaikan didalam bahwa kami dari kemenkes itu menunggu masukkan dari teman-teman dari dinas kesehatan Kabupaten," kata Doddy ketika ditemui di Kampung Mandiri Jaya disaat melakukan penyuluhan kesehatan.

Ia menjelaskan, terkait dengan permintaan warga Kampung Mandiri Jaya untuk pendirian Pustu, semua tergantung dari Pemkab Mimka, yang mana warga Kampung Mandiri Jaya bisa berobat ke Puskesmas Pasar Sentral atau ke Puskesmas Wania.

Namun, apabila masih terjadi kendala dalam pelayanan kesehatan maka pihaknya siap melengkapi fasilitas alkes apabila Pemkab Mimika telah membangun Pustu.

 

"Kalau permintaan pustu itu dari pemerintah daerah, tapi mereka minta untuk melengkapi fasilitas iti bisa kita lengkapi," jelasnya.

Ia juga menambahkan kalau, sejauh ini Pemkab Mimika melalui Dinkes telah melakukan penempatan terhadap bidan desa di Kampung Mandiri Jaya, hanya saja yang menjadi kendala saat ini banyak warga yang tidak mengetahui keberadaan bidan tersebut.

"Tapi kalau kita melihat dari apa yang sudah dibuat oleh Dinas Kabupaten sebenarnya disini sudah ada bidan desa yang sudah standby dan sudah melakukan pelayanan kesehatan hampir 24 jam," terangnya. (Tim).

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika