Main Area

pesparawi xiii
DPRD Kabupaten mimika, Ucapan Maulid Nabi Muhammad SAW 2020
Sekwan DPRD Kabupaten mimika, Ucapan Maulid Nabi Muhammad SAW 2020

Main

Kelompok Manunggal Jaya, Gandeng Kodim dan Distanbun Tanam Padi

Foto: Penanaman padi oleh Kadis Pertanian dan Perkebunan bersama Dandim 1710/Mimika Letkol. Ini. Pio L Nainggolan / Dok.Tabukanews.com

Timika, Tabukanews.com - kelompok tani Manunggal Jaya yang berlokasi di SP 6 kampung Naena Muktipura, Rabu (6/9) bekerja sama dengan Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Kabupaten Mimika dan Kodim 1710/ Mimika dalam rangka penanaman padi serempak se-indonesia.


Hadir dalam penanaman padi tersebut Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Mimika Yohana Paliling, Komandan Distrik Militer 1710 Mimika Letkol Inf. Pio L Nainggolan, Pasiter Kodim 17 10 Mimika Kapten Inf. Rustam Pauwah, dan jajarannya.

 


Kepala Dinas Pertanian dan perkebunan Kabupaten Mimika Yohana Paniling mengatakan, hari ini kelompok tani Manunggal Jaya melaksanakan penanaman padi bersama Distanbun dan Kodim 1710/ Mimika di atas hamparan seluas 50 hektar.


"Hari ini kita ada kegiatan penanaman padi, kali ini kelompok manunggal jaya dengan luas lahan 50 hektar tetapi yang kita tanam mulai hari ini sekitar 15 hektar dan yang lainnya akan dilanjutkan sebagian masih dibersihkan dan ada juga yang siap untuk ditanam," kata Yohana Paliling usai melaksanakan Penanaman padi, Rabu (6/9).


Namun karena keterbatasan tenaga membuat proses penanaman padi yang serempak dilakukan di seluruh Indonesia hanya bisa di lakukan di atas hamparan seluas 15 hektar sedangkan sisa hamparan yang belum dilakukan penanaman lagi. Karena masih dipersiapkan lokasi dan bibitnya.

 


"Harapan Kita sebenarnya menanamnya serempak tetapi karena keterbatasan tenaga akhirnya mungkin 2/3 kali penanaman untuk areal ini," ungkapnya.

Iya juga berterima kasih kepada Kodim 1710/ Mimika dan kelompok petani Manunggal Jaya yang telah melaksanakan kegiatan penanaman padi. Kedepannya apa yang telah dilaksanakan oleh kelompok petani Manunggal Jaya saat ini bisa meningkatkan kesejahteraan serta ekonomi rumah tangga.

"Kami berterima kasih dengan kehadiran Pak Dandim dan teman-teman semoga kedepan petani kita di sini semakin sukses dan memberikan perbaikan di ekonomi rumah tangga," tuturnya.


Sementara itu komandan Kodim 1710/ Mimika Letkol Inf. Pio L Nainggolan mengatakan, program penanaman padi serentak dilakukan di seluruh Indonesia merupakan program ketahanan pangan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah pusat yang bekerja sama dengan Mabes TNI sehingga menjadi kewajiban sebagai seorang prajurit TNI untuk melaksanakan perintah tersebut di wilayah masing-masing.

"Penanaman padi serentak inikan merupakan bagian dari program ketahanan pangan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah pusat dan sudah dikerjasamakan dengan Mabes TNI sehingga ini menjadi kewajiban bagi kami untuk membantu pemerintah khususnya di bidang pertanian," kata Dandim.

Kendati demikian, tidak hanya bidang pertanian yang menjadi fokus utama tetapi ada beberapa bidang potensi yang bekerja sama untuk mengembangkannya seperti perikanan dan kelautan pertanian dan peternakan. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.


"Bukan hanya bidang pertanian tetapi Kami juga akan menjalin kerjasama dengan dinas dinas yang lainnya terkait dengan untuk mewujudkan kesejahteraan," ungkapnya.

Ia mengakui, Setiap kegiatan yang dilakukan pasti memiliki kendala sehingga diperlukan formulasi formulasi yang baik agar kendala yang dihadapi bisa mendapatkan solusi

"Saya berharap pesimis itu bisa kita minimalisir menjadi sebuah optimisme," akunya. (Rfl).

 

 

 

 

DPRD Kabupaten mimika, Ucapan HUT Kab.Mimika
Sekwan DPRD Kabupaten mimika, Ucapan HUT Kab.Mimika
2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika