Main Area

Main

Kekosongan Anggaran Dewan Merupakan Kesalahan Sekwan

 

TIMIKA, TABUKANews.om - Ketua Badan Aggaran DPRD Karel Gwijangge mengatakan bahwa kekosongan anggaran Dewan yaitu Biaya untuk Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) hal tersebut merupakan kesalahan dari Sekretariat Dewan (Sekwan) Kabupaten Mimika. Pasalnya hal tersebut terjadi karena tidak adanya transparansinya penggunaan anggaran tersebut

“Bapemperda salah satu tugasnya adalah membuat peraturan daerah. Namun anggaran yang tersedia di Sekretariat Dewan dinyatakan kosong. Kekosongan anggaran tersebut dinilai akibat kesalahan tim anggaran eksekutif termasuk Sekwan,” kata Karel saat ditemui dikantor DPRD Mimika Kamis, (16/8).

Karel menyatakan tugas utama dari DPRD adalah Badan Legislasinya. Bapemperda yang salah satu tugas utamanya membuat peraturan daerah. Oleh sebab itu kas teresbut tidak boleh dibiarkan kosong karena untuk menjalankan tugas Padahal Bapemperda dinyatakannya harus membuat peraturan-peraturan daerah

“Namun kita disini tidak bisa buat apa-apa. Karena anggaran untuk menjalankan itu nihil. Kalau kondisinya seperti ini DPRD tidak bisa berbuat apa-apa yang bisa membangun daerah ini,” ujar Karel.


Karel menjelaskan kekosonga anggaran yang menjadi penyebabnya oleh beberapa pihak dikarenakan untuk menutup beberapa hutang yang ada. Namun ia menyatakan seharusnya bukan anggaran di dewan yang dikurangi melainkan anggaran yang berada satuan lain.

“Menurut saya ini kesalahan dari tim anggaran eksekutif termasuk Sekwan. Karena ini tugas utama kami. Apalagi masyarakat beberapa waktu lalu datang dan mendesak dibuatnya perda, tapi saat ini kami bisa apa kalau sudah begini. Ibaratnya mau memanah tapi tidak ada anak panah,” jelasnya.

Karel menambahkan dalam pembahasan, hal tersebut sudah tercantum. Namun saat ditetapkan tidak ada anggaran tersebut.

 “Saya cek di persidangan anggarannya tidak ada. Sekarang yang tersedia anggarannya itu paripurna cuma untuk 7 kali. Dana itu juga tidak bisa diganggu gugat,”pungkasnya. (tim/TB)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika