Main Area

Main

Kejari Timika Teliti Berkas Perkara Bappeda Usai Dilengkapi Penyidik

Ilustrasi Kasus Korupsi

Timika, Tabukanews.com - Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasi Pidsus) Kejaksaan Negeri Mimika Donny S Umbora membenarkan pihaknya telah menerima berkas perkara penyalahgunaan angaraan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Mimika tahun 2017 lalu.

“Berkas sdh di serahkan ke kami,” kata Kasi Pidsus melalui pesan singkat kepada Harian Papua, Selasa (5/11).

Donny menjelaskan, setelah menerima berkas perkara tersebut, saat ini pihaknya tengah meneliti berkas yang dikirim oleh penyidik Polres Mimika apakah sudah memenuhi permintaan tersebut atau tidak. Apabila belum berarti pihaknya akan berkoordinasi kembali dengan pihak penyidik, apabila telah memenuhi permintaan maka berkas perkara tersebut dinyatakan lengkap (P-21).

“Saat ini kami lagi teliti untuk memastikan petunjuk yang kami sampaikan sudah di penuhi atau belum,” jelas Donny.

Sebelumnya untuk melengkapi berkas perkara kasus korupsi Monev Bappeda Mimika, penyidik Unit III Tipikor Polres Mimika memanggil 3 pimpinan OPD dilingkungan Pemkab Mimika untuk dimintai keterangan. Diantaranya, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mimika Yohana Paliling, Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Mimika Yosefin Sampelino, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Mimika Bernadinus Songbes.

Selain itu penyidik juga meminta keterangan ari sejumlah kepala distrik di wilayah Kabupaten Mimika mengingat kegiatan tersebut dilakukan oleh jajaran Bappeda pada tahun 2017 lalu ditingkat distrik.

Kegiatan monitoring dan evaluasi proyek fisik dan non fisik oleh Bappeda Kabupaten Mimika tahun 2017 lalu menelan anggaran senilai Rp 2 miliar lebih.

Sementara itu Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto, S. IK, MH mengatakan, pihaknya telah menyerahkan berkas perkara korupsi Bappeda kepada pihak Kejaksaan sesuai permintaan.

“Kami sudah serahkan berkas perkara ke Kejaksaan,” kata Kapolres Mimika saat ditemui di Gedung Graha Eme Neme Yaware saat menghadiri pelantikan pengurus KKSS Kabupaten Mimika. (Tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika