Main Area

Main

Kegiatan Komsos, Bangun Wawasan Kebangsaan dan Cinta Tanqh Air

Kasdim 1710/Mimika Mayor Inf. Muhamad Yahya Syahirin Ginting, SH/Foto: Ricky Lodar

Timika, Tabukanews.com - Kepala Staf Distrik Militer (Kasdim) 1710/Mimika Mayor Inf. Muhamad Yahya Syahirin Ginting, SH
mengatakan, kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) yang dilakukan lebih difokuskan untuk menjalin hubungan erat antara TNI dan masyarakat dalam hal menanamkan wawasan kebangsaan dan cinta tanah air.

"Di samping kita menjalin silaturahmi, kegiatan kita melaksanakan komunikasi dengan masyarakat tujuannya agar masyarakat lebih cinta terhadap NKRI, kita tanamkan wawasan kebangsaan di samping itu juga supaya hubungan TNI dan masyarakat lebih erat," kata Kasdim, Jumat (31/5).

Ia menjelaskan, nilai-nilai kebangsaan yang ditanamkan melalui kegiatan Komsos tersebut tentunya untuk membangun rasa nasionalisme masyarakat terhadap negara, sehingga setiap isu atau kejadian yang mengancam keamanan negara bisa tindaklanjuti setelah adanya informasi yang diterima dari masyarakat.

"Sehingga informasi-informasi yang kira-kira yang terkait dengan masalah pertahanan, masalah sosial masyarakat yang perlu diketahui oleh TNI masyarakat dengan mudah memberikan informasi," jelasnya.

Sementara itu terkait situasi kemanan Kabupaten Mimika. Kasdim mengungkapkan, sampai saat ini Kabupaten Mimika masih tetap aman. Kendati menjadi ranah Kepolisian, namun sebagai Garda terdepan untuk pertahanan keamanan di wilayah Mimika pihak Kodim selalu memonitor setiap perkembangan situasi di Mimika.

"Kalau masalah keamanan hal ini dari pihak kepolisian ya tapi sebagai Kodim ya kita memonitor perkembangan situasi wilayah sampai saat ini masih kondusif khusus wilayah Timika," ungkapnya.

Ia mengatakan, tidak menutup kemungkinan adanya informasi yang diterim terkait masalah gangguan keamanan tentunya pihak kodim akan selalu bekerjasama dengan pihak Polres untuk melakukan upaya pencegahan sedini mungkin agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Namun apabila ada hal-hal atau formasi yang terkait masalah keamanan kita akan komunikasikan dengan Polres untuk bekerjasama mencegah supaya tidak terjadi," katanya. (Jrl).

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika