Main Area

pesparawi xiii

Main

Keceriahan Anggota Yonif 754 Bersama Siswa Difabel di SLB Timika

Antusias anak-anak disabilitas SLB Timika bermain dan belajar bersama Yonif 754/ENK/3 Kostrad /Foto : tim TabukaNews.com

Timika, TabukaNews.com -  Dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional, Selasa 3 Desember 2019, berbagai cara dilakukan kepada para penyandang cacat salahsa tu yang dilakukan prajurit Yonif 754/3 kostrad yaitu mengajak beriamn belajar dan bercengerama dengan para siswa berkebutuhan khusus di Sekolah Luar Biasa (SLB) Mimika  SP2 Jalan Poros Sp5.

Anak-anak berkebutuhan khusus mulai tingkat SD sampai SMA kelas 1,  didampingi tenaga pendidik dan anggota TNI Yonif 754/ENK/3 Kostrad bergembira sambil mewarnai gambar bunga dan salib , ada juga yang mencocokan gambar dan warna.

Tampak keceriaan dirasakan para siswa karena selama ini mereka jarang berinteraksi dengan orang lain selain guru atau tenaga pengajar mereka selama ini.

Tak hanya itu, antusias anak-anak difabel terlihat saat anggota TNI Yonif 754/ENK/3 Kostrad mengajarkan dan melatih langsung para siswa baris-berbaris menggunakan bahasa isyarat.

Danyonif 754/ENK/3 Kostrad Letkol Inf Dodi Nurhidayat melalui Pasi Intel, Letda Rochmadian mengatakan bahwa para penyandang disabilitas juga memiliki kemampuan yang sama dengan lainnya. Untuk itu, upaya memberikan perlakuan layak yang sama harus dilakukan.

“kami mengunjungi mereka untuk bersilaturahmi dan kami senang bisa berbaur dan membantu anak-anak belajar dan bermain bersama sehingga kita bisa mengetahui apa saja kebutuhan anak-anak di SLB," ujarnya disela sela kegiatan.

Kedepan pihaknya akan selalu memberikan dukungan untuk meningkatkan kesejahteraan difabel dengan menjalin hubungan baik berupa kerjasama berkesinambungan.

"Kami akan jalin hubungan baik dengan sekolah ini dengan kegiatan dan program seperti olahraga bersama dan kegiatan bela negara. “ katanya.

Rochmadian berharapa, dengan sering melakukan silaturahmi ke sekolah ini kedepanya jauh lebih menambah dan mengembangkan kemampuan belajar mereka sehingga bebas berinteaktif dengan lingkungan sekitar.

Sementara itu, Sunardin Kepala SLB Negeri Mimika, menyampaikan terima kasih atas kunjungan dalam momen peringatan Hari Disabilitas Internasional 3 Desember.

Juga berharap bukan hanya momen tertntu untuk melakukan silaturahmi namuan kedepanya terus ada pihak lain selain TNI sehingga dapat menumbuh kembangkan imajinasi anak ini sehingga bias berkspersi dengan orang lain maupun lingkungan.

Sekolah yang menampung 81 anak berkubutuhan khusus seperti tuna netra, tina drahita, daunsindrom, tuna daksa, dayng yang dominan di sekolah tersebut yakni autisom anak yang mengalami hambatan interaksi komunikasi social dan bahasa.

“autis ini sifat anak yang berbeda beda sementara tenaga kurang sehingga satu guru bias menagani tima hingga enam anak,” ujarnya.  (tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika