Main Area

pesparawi xiii

Main

Karyawan Sampaikan Tiga Tuntut ke PT PAL

Tiga hal yang dituntut para karyawan kepada Manajemen PT. PAL  /Foto : Istimewa

TIMIKA,Tabukanews.com - Dalam aksi demo damai yang dilakukan karyawan PT PAL pada Rabu (26/6) menuntut tiga hal kepada PT. Pusaka Agro Lestari (PAL).

Tiga hal yang dituntut para karyawan PT. PAL, antara lain, Meminta kendaraan untuk karyawan antara lain mobil Ambulance, bus untuk masyarakat Kampung Iwaka. Meminta semua karyawan di PHK selanjutnya memberikan pesangon dua kali gaji/upah. Dan meminta calon pemilik perusahaan yang baru (PT. Kapitol) harus datang.

 Amirudin selaku Manager PT. PAL, mengatakan bahwa perusahaan memang akan berganti kepemilikan, akan tetapi semua karyawan tetap bekerja seperti biasa dan tidak ada yang di pecat atau PHK.

"Kami sudah berkomunikasi dengan pihak noble grup dan PT. Kapitol sebagai calon pemilik yang baru. PT. Kapitol akan tetap melanjutkan sesuai dengan apa yang sudah menjadi surat perjanjian resmi,"katanya.

Terkait tuntutan pemberhentian karyawan dengan pembayaran dua kali lipat, katanya itu tidak dikabulkan, karena tidak ada dalam aturan perundang-undangan ketanaga kerjaan.

"Jadi PT. Kapitol akan tetap memakai karayawan dan gaji atau upah juga tetap,"katanya.

Selain itu juga, Amirudin menjelaskan terkait pertanyaan mengenai surat perjanjian kerja tahun 2019 dan pembagian plasma, bahwa untuk perjanjian kerja atau Mou perusahaan dalam membuka lahan itu sudah ada dalam aturan pemerintah.

"Sudah dibuatkan dan sudah ada dinotaris,sementara untuk pembagian plasma juga sudah ada dan sudah ditanda tangani Bupati serta masing-masing pemilik plasma,"ungkapnya.

Setelah mendengar penjelasan dari pihak management PT.PAL, Elisius mewakili para karyawan meminta maaf atas aksi demo yang sudah dilakukan serta mendukung pihak PT. Kapitol untuk memenuhi surat perjanjian yang dibuat PT.PAL.

Iptu Y. Harikatang selaku Kapolsek Kuala Kencana yang hadir dalam melakukan pengawalan dan pengamanan aksi demo damai,langsung memfasilitasi dengan melakukan pertemuan untuk mencari solusi.

"Demo berjalan lancar dan aman, dan akan dilakukan pertemuan kembali antara pihak management yang baru yaitu PT. Kapitol dengan karyawan dan pihak pemilik hak ulayat pada bulan Juli mendatang,"ungkapnya. (tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika