Main Area

Main

Karel Gwijangge : Pemkab Diminta Awasi Penerbangan Perintis

Anggota DPRD Mimika Karel Gwijangge/ Foto: Tim/Tabuksnews.com

 Timika, Tabuksnews.com - Anggota DPRD Mimika Karel Gwijangge meminta kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika melalui Dinas Perhubungan (Dishub)  untuk mengawasi baik harga tiket maupun harga cargo  untuk penerbangan perintis ke beberapa wilayah di pegunungan maupun pesisir sekitar kabupaten Mimika.

Permintaan ini disampaikan Karel karena adanya keluhan dari beberapa warga  yang biasa menggunakan penerbangan perintis karena harga tiket yang terlalu kemahalan.

"Kita apresiasi kepada Pemda karena hari ini ada Batik Air masuk dan masyarakat gembira, dengan adanya Batik Air itu harga tiket bisa bersaing, selama ini Garuda dan Sriwijaya dan kami juga berharap ada maskapai lain lagi untuk masuk karena apron sebelah selatan sudah dipergunakan," kata Karel Gwijangge saat ditemui di kantor DPRD Mimika, Senin (28/10).

Ia menjelaskan, Pemerintah telah menepati janji akan ada maskapai baru, namun dirinya juga meminta agar ada pengawasan harga tiket untuk melayani penerbangan perintis ke wilayah pegunungan dan pesisir, karena harga tiket melambung tinggi.

Ditambahkan, bahwa rata-rata masyarakat lokal itu disekitar Mimika seperti di Kenyam Kabupaten Nguda, Ilaga Kabupaten Puncak, Potowayburu Distrik Mimika Barat Jauh, Ewer Kabupaten Asmat dan beberapa tempat lainnya mulai mengeluhkan dengan harga tiket perintis yang mulai naik.

"Karena Mimika merupakan kabupaten penyangga untuk kabupaten tetangga, jadi perlu dipikirkan, disisi lain mohon pemerintah tinjau kembali semua operator yang ada di daerah pedalaman," jelasnya.

Ia berharap ada pengawasan langsung oleh pihak Pemerintah melalui dinas. melambungnya harga tiket juga disebabkan karena maskapai yang melayani rute-rute tertentu masih minim. Contoh harga tiket rute penerbangan Timika-Kenyam yang kisaran Rp 2-3 juta.

"Jadi saya berahap kepada pemerintahan Omtob bisa kontrol harga tiket yang mahal," harapnya.

Ia juga meminta kepada seluruh pemerintah kabupaten di wilayah pegunungan dan pesisir untuk sepakat memberikan subsidi bik tiket maupun cargo.

"Saya berharap pimpinan daerah di wilayah pegunungan kasih subsidi barang," harapnya. (Tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika