Main Area

Main

Kapolres : Warga Mimika Harus Waspada Isu Hoax

 Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto/Foto: Tim Tabukanews. com

Timika, Tabukanews.com - Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto, S. IK. MH meminta kepada seluruh masyarakat Mimika untuk tetap meningkatkan kewaspadaan mengantisipasi adanya aksi massa hingga berujung kerusuhan dengan melancarkan sejumlah aksi yang meresahkan masyarakat Mimika.

"Kami sampaikan beberapa hari ini ada pihak-pihak yang berusaha untuk menciptakan terjadinya kerusuhan, mereka mengaku, pelajar atau mahasiswa, jelas dari keterangan saksi masih relatif usia muda, mereka menggunakan beberapa modus," kata Kapolres saat ditemui di RSUD Mimika, Rabu (25/9).

Ia menjelaskan sedikitnya 4 isu haox yang kini dilancarkan oleh kelompok-kelompok massa untuk memancing adanya kerusuhan di Mimika,  yang mana modus-modus tersebut telah tercium oleh pihak kepolisian. 

Berupa isu adanya aparat keamanan yang menyebarkan makanan yang mengandung racun untuk di bagikan kepada warga Asli Papua, menebarkan ancaman ke beberapa sekolah yang mayoritas pelajar Papua yang berada di Sentra pendidikan dan sekolah di Kwamki Narama, baik secara langsung maupun melalui pesan singkat, juga isu adanya rencana pembakaran sejumlah bangunan, baik objek vital, toko dan kios-kios.

"Yang telah kita identifikasi ada 4 modus, ada yang menyebarkan makanan yang mengandung racun kepada warga Papua, mensasar adek-adek sekolah terutama yang di Sentra pendidikan yang di SP5 dan SMP 9 di Kwamki Narama, juga mengirimkan pesan singkat untuk mengajar pelajar melakukan pembakaran," jelasnya.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, sejumlah petugas ditempatkan di sejumlah sekolah untuk menangkal adanya aksi intimidasi di sekolah-sekolah. Di simbangi dengan adanya penyuluhan yang dilakukan oleh Binmas Polres Mimika di sejumlah sekolah.

"Dari kemarin siang, kita lakukan penjagaan disemua sekolah untuk melakukan penangkalan, juga untuk Binmas kita lakukan penyuluhan kepada adek-adek agar tidak terprovokasi terhadap upaya intimidasi seperti ini," ungkapnya.

Berbagai isu-isu hoax telah dilancarkan untuk menimbulkan keresahan dikalangan masyarakat agar menimbulkan adanya gesekan antar pihak kepolisian dan masyarakat juga adanya gesekan antar kelompok masyarakat.

Oleh sebab itu apabila menerima hal-hal tersebut serta adanya konsentrasi massa agar secepatnya melaporkan kepada pihak Kepolisian agar segera di respon untuk dibubarkan serta dilakukan penangkapan terhadap oknum yang menyebarkan isu tersebut.

"Sekali lagi isu-isu seperti ini tolong diwaspasai, tapi jangan terpancing karena tujuan ini untuk membenturkan apabila ada kegiatan serupa atau modus lainnya segera laporkan ke Polisi, kita akan merespon untuk melakukan penangkapan terhadap yang bersangkutan," kata Kapolres. (Tim).

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika