Main Area

Main

Kapolres Mimika Perintahkan Periksa Oknum Yang Sudutkan Calon Tertentu

TIMIKA, TABUKANews.com - Kapolres Mimika AKBP Vicktor D Mackbon menyayangkan,   aksi demo yang tidak memiliki ijin dan menyudutkan salah satu calon bupati yang maju pada pilkada serentak di Kabupaten Mimika. 

Menurut Kapolres sikap tersebut dapat memancing persoalan baru dan tidak boleh dibiarkan, karena akan merugikan yang lainnya. Untuk itu Ia meminta agar coordinator aksi demo harus segera mempertanggungjawabkan perbuatannya.

"Hari ini saya bilang rekan rekan pendemo menyampaikan pendapat ada aturan yakni  tiga hari sebelumnya,  ternyata hingga sekarang juga laporan kepada polres  belum ada. Namun tugas dan tanggung jawab kami untuk memberikan pengamanan kepada saudara kalian walaupun menyampaikan pendapat tidak dengan aturan tetap kami laksanakan," tegas Kapolres saat memberikan arahan kepada para massa pendemo. 

Kapolres mengatakan, selain telah melanggar aturan  sesuai UU no 9 tahun 1998 tentang menyampaikan pendapat dimuka umum, aksi para pendemo dengan memasang spanduk untuk menjatuhkan calon bupati tertentu juga sudah tidak dibenarkan. 

"Jangan melaksanakan demo dengan memancing keributan, kami tidak mau lihat tempelan ataupun menyudutkan seseorang yang menjadi paslon itu akan menjadi kontradikitif. Polisi bersikap netral tetapi kalau sudah menyudutkan atau menyinggung calon lain yang spontan memancing persoalan baru saya akan tegas," kata Kapolres.  

Aksi demo yang dilakukan oleh massa yang menuntut kasus pemalsuan dokumen oleh salah satu paslon bupati sudah dua kali digelar. Sebelumnya massa melakukan aksi demo yang sama di KPUD Mimika dengan menempel foto salah satu paslon. Terkait hal itu Kapolres mengingatkan agar koordinatro demo segera bertanggung jawab untuk kegiatan tersebut.

"Siapa yang melakukan demo tidak ijin akan diperiksa itu kewajiban, suka atau tidak suka kami kepolisian tetap harus melaksanakan kewajiban,"ungkapnya.(TIM)

2018 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika