Main Area

Main

Kapolda Papua Pimpin Apel Pemberangkatan Satgas Kemanusian Ke Asmat

TIMIKA, TABUKANews.com - Kapolda Papua Irjen Pol Drs Boy Rafli Amar,MH memimpin apel pelepasan personel Polda Papua yang masuk dalam satgas kemanusian di Kabupaten Asmat. Gelar apel kemanusian tersebut dilaksanakan di Polda Papua Selasa, (16/1) sekitar pukul 08.00 Wit.

Hadir dalam apel gelar pasukan tersebut, Wakapolda Papua Kombes Pol Drs Jacobus Marzuki, para pejabat utama Polda Papua, pengurus Bhayangkari Daerah Papua, personel Mapolda Papua, perwakilan dari Pemerintah Daerah serta perwakilan dari BRI Cabang Jayapura, Bank Mandiri, Bank Papua dan Instansi terkait.

Kapolda Papua dalam sambutannya mengatakan, sesuai hasil rapat yang dilaksanakan pada hari Senin tanggal 15 Januari 2018 kemarin, siang ini Satgas Kemanuasian gabungan dari Polri, TNI, Kementrian Sosial, tim kesehatan dari TNI, Polri serta Pemerintah Daerah kurang lebih 30 orang, yang akan kami berangkatkan ke Kabupaten Asmat melalui Kabupaten Mimika. 

Ia menambahkan tim ini dan akan bergabung dengan tim kesehatan maupun instansi terkait dari Kabuputen Asmat, ada beberapa tim satgas yang telah diberangkatkan kemarin dan untuk hari ini akan diberangkatkan kembali dan bergabung dengan tim satgas yang stand by di Kabupaten Mimika yang akan bersama-sama ke beberapa Distrik tersebut.

"Kami akan siapkan beberapa kapal dari Direktorat Polair Polda Papua dan Satuan Polair Polres Mimika serta beberapa kapal dari swasta untuk membawa para satgas tersebut. Tim satgas ini untuk memberikan pengobatan dan pemberian makanan tambahan kepada masyarakat yang membutuhkan. Ada beberapa Distrik yang mengalami gizi buruk dan campak, tim yang akan dikirim ke daerah tersebut akan berupaya semaksimal mungkin untuk dapat melayani semua warga masyarakat disana,"kata Kapolda saat memimpin apel gelar pasukan.

Ia mengatakan tim yang diberangkatkan akan membawa peralatan medis dan makanan, terutama untuk balita, obat obatan, makanan tambahan, dan susu, termasuk melakukan imunisasi kepada anak anak balita yang menjadi prioritas pelayanan. Para tenaga medis, logistic serta beberapa instansi terkait yang dikirimkan akan ditempatkan di kampung-kampung yang menurut informasi terdapat warga masyarakat yang menderita kasus campak dan gizi buruk, yakni Distrik Pulau Tiga di Kampung Nakai, Kampung Ao, Kampung kapi, Kampung As, dan Kampung Atat. Kemudian di Distrik Jesty dan Distrik Sirets ada ratusan anak yang terserang penyakit gizi buruk dan campak

 

"Tim satgas ini akan ditempatkan selama 1 bulan, untuk selanjutnya secara bertahap tetap kami akan lakukan koordinasi dengan isntansi terkait dan akan melihat mana yang akan diprioritaskan untuk bulan berikutnya, kami akan bekerjasam dengan instansi terkait termasuk TNI yang berada didaerah tersebut, sehingga pelayanan yang akan diberikan lebih maksimal terhadap para warga yang membutuhkan. Karena ini adalah satgas kemanusian sehingga untuk kegiatan yang akan dilaksanakan secara terpadu sesuai tugas dan fungsi masing-masing,"ujarnya.

Selain itu, dalam kegiatan ini Kapolda Papua mmberikan secara simbolis sumbangan berupa bahan makanan dan obat-obatan serta peralatan kesehatan kepada tim satgas yang merupakan sumbangan dari Pengurus Bhayangkari, Bank BRI Jayapura, Bank Papua, Bank Mandiri, kemetrian Sosial dan Pemerintah Daerah yang akan diberikan kepada warga yang membutuhkan.(Tim/Tb)

2018 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika