Main Area

pesparawi xiii
ibu etina diwitau omaleng
ibu etina diwitau omaleng
ibu etina diwitau omaleng
ibu etina diwitau omaleng
hari raya pekabaran injil 5 Februari 2021

Main

Kapolda Papua Perintahkan Tindak Tegas Pelaku Penembakan Warga di Intan Jaya

Timika,TabukaNews.com - Menyikapi aksi penembakan terhadap salah seorang warga sipil di Kampung Bilogai Kabupaten Intan Jaya pada tanggal 9 Februari lalu, Kapolda Papua, Irjen Pol. Paulus Waterpauw segera memerintahkan satuannya untuk segera menangkap pelakunya.

Saat ditemui wartawan di Hotel Horison, Rabu (10/2), Waterpauw menegaskan untuk menindak tegas pelaku penembakan tersebut.

"Ada dua pilihan. Tangkap kalau bisa ditangkap. Tapi kalau tidak, tindak tegas secara terukur sesuai dengan SOP kepolisian, karena selain melulai korban, kehadiran mereka juga membuat warga menjadi resah," terangnya.

Akibat tembakan tersebut, Ramli yang merupakan seorang pemilik kios harus menderita luka tembakan di pipi bagian kiri. Kini Ramli sedang dirawat di RSUD Mimika, dimana sebelumnya sempat dilarikan ke Puskesmas terdekat kemudian dirujuk ke RSUD Mimika.

"Kami sudah turun langsung ke RSUD untuk lihat langsung kondisi korban. Sekarang sudah mulai membaik," tuturnya.

Dijelaskan identifikasi pelaku dari kelompok Indinus Kogoya sudah didapatkan dan berdasarkan keterangan beberapa saksi mengatakan bahwa mengenal pelaku penembakan terhadap Ramli. Dalam kesehariannya, pelaku tidak jauh dari rumah korban, akan tetapi belum dipastikan apa penyebab pelaku menembak korban.

Modusnya saat kejadian adalah  pelaku mendatangi kios milik korban dan hendak menjual minyak tanah. Namun,  ketika istri korban menyiapkan jerigen, lalu seketika itu juga terdengar bunyi tembakan atau ledakan senjata api.

Usai menembak, pelaku kembali dengan posisi dua  tangannya berada dalam saku jaket yang dikenakan dan diduga tempat ia menyimpan senjatanya. 

“Diduga senjata api yang digunakan pelaku adalah senjata api laras pendek. Dengan adanya identitas pelaku, maka akan mempercepat upaya pengidentifikasian oleh aparat kita dalam penegakan hukum guna mencari dan menangkap pelaku,” katanya.

Dijelaskan bahwa berdasarkan hasil koordinasi bersama para dokter di RSUD Mimika, kondisi Ramli saat ini jauh lebih baik. Dalam artian, tim medis RSUD Mimika tidak menemukan proyektil yang bersarang pada jaringan tubuh korban pasca insiden penembakan itu. Hal itu, tentunya memudahkan penanganan medis.

“Kita hadir di RSUD Mimika untuk melihat keadaan saudara Ramli yang beberapa hari lalu mengalami kekerasan berupa penembakan  dilakukan seseorang yang diduga bagian dari KKB kelompok Indinius Kogoya. Indinius itu saudara dari Tandi Kogoya pelaku eksekusi berberapa manajem PTFI di Kuala Kencana beberapa waktu lalu. Memang gigi grahamnya alami rusak akibat penembakan itu, tapi untuk aliran darah dan yang lainnya tidak terganggu. Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini korban bisa sembuh,” ujarnya. (Evan)

DPRD Kabupaten mimika, Ucapan HUT Kab.Mimika
Sekwan DPRD Kabupaten mimika, Ucapan HUT Kab.Mimika
2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika