Main Area

Main

Kapolda Papua Berikan Kultum di Masjid Al Amin Mapolres Jayapura

Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafli Amar saat berikan Kultum di Masjid Al Amin Mapolres Jayapura / foto : dok Tabukanews.com

JAYAPURA, TABUKANews.com - Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Boy Rafli Amar MH memberikan Kultum atau ceramah kepada para jamaah di Masjid Al Amin Mapolres Jayapura Sentani, Selasa (5/6/2018)

 Kapolda Irjen Boy Rafli Amar mengatakan, kita telah melalui 20 hari di Bulan Suci Ramadhan,  mudah-mudahan menjadikan kita sebagai orang  yang selalu beriman dan bertaqwa kpd Allah SWT.

"Sebaik-baik bekal adalah takwa. Tentunya harus kita asah dan kita kumpulkan sebanyak – banyaknya, minimal kita bisa pertahankan iman patuh dan tunduk kita pada perintah Allah SWT. Sholawat serta salam kita kirimkan kepada Rasullah Muhammad SAW,  Kita terapkan Islam sebagai rahmat bagi seluruh umat manusia," kata Kapolda.

Tentunya kita di Jayapura hidup dalam keberagaman, Kita tampilkan keteladan di depan umum, kita utamakan dalam penyelesaian Masalah adalah dengan dialog, bukan  dengan kekerasan, oleh sebab itu kerukunan akan selalu saya sampaikan untuk  emosi dan amarah kita harus tinggalkan. Akan tetapi sebaliknya kita harus  tampilkan akhlak yang baik sebagi hamba Tuhan.

Dikatakan, dengan berpuasa kita bukan hanya menahan haus dan lapar. Tetapi kita ikut merasakan dengan saudara-saudara kita yang tidak berkecukupan (sosial), tentunya sebagai insan bertakwa tidak lupa pula kita untuk bersama dan pada penghujung bulan Suci Ramadhan kita diwajibkan untuk mengeluarkan Zakat. Jangan menunggu kita kaya untuk bersedekah, walaupun kita serba kekurangan tetapi kita dengn ikhlas memberikan apa yang kita miliki, sebagai tanda syukur kita terhadap apa yang di berikan Allah SWT kepada kita,  dengan bersedekah 'Insya Allah kita akan di jauhkan dari azab Allah SWT sangat pedih'.

Apabila ada niat kita untuk bersedekah berarti kita diberi karunia dan hidayah olehnya.

Selain itu, kata Boy Rafli, Puasa juga melatih kesehatan kita, dengan mengatur waktu makan kita, dihindarkan dari kerja keras yang didasari nafsu sehingga berpengaruh pada kesehatan. Saya rasa kita yang menjalankan bisa merasakn, karena organ dalam tubuh kita di istirahatkan. Adanya godaan wajar, tapi jangan kita kalah. Ibadah puasa juga melatih kesabaran kita, sering kali kita terkena musibah/celaka hingga maut tidak dapat mngendalikan diri/ kesadaran. Dalam Firman Allah berbunyi "Mintalah pertolongan pada Allah dengan Sabar dan Sholat'. Semua itu tidak mudah jika kita menghadapi dilema dalam khidupan dengan sabar dan ikhlas. Kita dituntut pengendalian diri yang akan mengantarkan kita kepada kesuksesan yang kita inginkan.

Kapolda Boy Rafli juga mengucapkan Terima kasih pada para Ustadz disini yang memberi pembekalan kepada anggota Polres  Jayapura untuk menunjukkan akhlak mulia apalagi sudah di canangkan Zona Integritas dan terus jaga hubungan dengan Ulama, terutama pada bulan Ramadhan dengan membaca Al Quran dan ibadah lain. Selanjutnya agar dapat diterapkan diluar bulan suci Ramadhan.

"Saya selaku Kapolda Papua ucapkan terima kasih. Saya berpesan kepada anggota agar dapat memanfaatkan momentum bulan suci Ramadhan tahun ini dengan sebaik-baiknya untuk berbuat baik. Hubungan dengan Allah  dan manusia yang harus saling beriringan. Idealnya berjalan berdampingan, Semoga Allah memberikan kekuatan kepada kita untuk  menuntaskan bulan puasa. Tentunya dalam pelaksanaan tugas kedepan," harapnya. (tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika