Main Area

pesparawi xiii
HUT Republik Indonesia Ke 75
HUT Republik Indonesia Ke 75
HUT Republik Indonesia Ke 75

Main

Kantor Imigrasi Kelas II TPI Mimika Terima Pelayanan Pengaduan Masyarakat Tentang HAM

Timika,TabukaNews.com - Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Mimika, Jesaja Samuel Enock, Amd. Im., SH,menyampaikan bahwa terkait dengan pengawasan orang asing ditahun 2020 berbeda dengan tahun sebelumnya,yang mana ditahun ini dengan berbasis HAM.

"Ditahun ini agak unik ya, Jadi didalamnya juga ada terkait dengan pelayanan pengaduan masyarakat tentang HAM, yang mana itu melalui perintah Kementerian Hukum dan HAM kepada satuan-satuan kerja  Kementerian Hukum dan HAM di daerah,salah satunyanya seperti  Kantor Imigrasi Timika,"ungkap Jesaja kepada wartawan seusai melaksanakan rapat koordinasi tim Pengawasan Orang Asing (Pora) tingkat Distrik, di Kantor Distrik Mimika Baru, Senin (10/8).

Kata Jesaja, pengaduan atau
laporan-laporan masyarakat itu akan disampaikan melalui aplikasi HAM yang namanya Simas HAM.

"Jadi sifatnya itu kita hanya menerima laporan saja, nanti yang memprosesnya itu Direktorat Jenderal HAM ,Kementerian Hukum dan HAM untuk memproses laporan pengaduan masyarakat tersebut itu," katanya.

Menurut Jesaja, pihaknya memperketat dalam pengawasan orang asing saat ini selama pandemi covid 19 dengan mengikuti ketentuan protokol kesehatan.

"Dalam pelayanan masyarakat di Kantor Imigrasi pun juga begitu dengan ketat berlaku protokol kesehatan," katanya.

Lanjutnya, dengan dampak covid 19 banyak orang-orang asing tidak bisa keluar masuk Indonesia. Hal ini dikarenakan terkait dengan kebijakan nasional maupun didaerah masing-masing.

"Sehingga selama pandemi covid 19 ini orang asing datang ke Timika tidak ada," ungkap Jesaja.

Menanggapi terkait orang asing yang bekerja di PTFI,kata Jesaja sudah ada sebagian yang pulang ke negara atas permintaan sendiri.

"Mungkin ada yang sudah selesai kontrak kerjanya atau ada yang cuti.Kurang lebih ada 10 orang asing yang sudah pulang dan yang masih ada sekitar 700 an, sehingga total orang asing baik berkeluarga maupun berkeluarga itu totalnya 1200 lebih. Semua data lengkap di kita ya,"katanya. (tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika