Main Area

bayar pajak daerah
pesparawi xiii kab mimika
PON XX Papua

Main

Kampung Naena Muktipura Jadi Satuan Pemukiman Termakmur di Timika

Timika,TabukaNews.com - Kampung Naena Muktipura SP6 Distrik Iwaka digadang menjadi satuan pemukiman warga transmigrasi paling makmur di Kabupaten Mimika. 

Ketua Kelompok Tani "Tani Jaya" saat ditemui Tabukanews.com dikediamannya, Sabtu (21/8) mengatakan, jika dibaandingkan dengan satuan pemukiman yang dibentuk oleh pemerintah kala menampung warga transmigrasi dari Pulau Jawa beberapa puluh tahun lalu, maka Kampung Naena Muktipura merupakan kampung tersubur dari satuan pemukiman lainnya. 

"Kalau diperhatikan, di SP6 ini jarang warga yang jadi PNS, hampir semuanya petani. Kehidupan warga disini semua berkecukupan dengan hasil pertanian yang melimpah," tuturnya. 

Dijelaskan, bahwa hingga saat ini SP6 jadi kampung penghasil buah dan sayuran terbesar di Timika. 

"Kami bangga hasil kebun kami jadi andalan di Timika. Baik itu buah-buahan maupun sayuran," paparnya. 

Meski demikian, pihaknya meminta Kepada Pemda Mimika melalui Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan untuk memberikan dukungan dan support melalui bantuan pupuk bersubsidi secara rutin.

"Ini juga yang jadi kendala bagi kami petani. Kami diberikan bantuan bibit tapi tidak disertai dengan pupuk subsidi. Kalau pemerintah serius, maka swasembada pangan bisa tercapai," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Kampung Naena Muktipura Fidelis Tsolme menjelaskan, bahwa salah satu keluhan para petani yang terbagi dalam 13 kelompok tani adalah ketersediaan pupuk subsidi yang kurang, serta kesulitan dalam memasarkan hasil kebun mereka. 

"Ini sudah disampaikan kepada dinas teknis namun hingga sekarang suplai pupuk subsidi juga belum mampu menjawab kebutuhan masyarakat," imbuhnya. (Evan)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika