Kampung Mandiri Jaya Salurkan BLT Tepat Sasaran

 Kampung Mandiri Jaya Salurkan BLT Tepat Sasaran

Timika, TabukaNews.com -  Konsisten  dalam pelayanannya bagi masyarakat, Pemerintah Kampung Mandiri Jaya Distrik Wania, kembali menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) bagi sebanyak 109 Kepala Keluarga (KK). Penyaluran diadakan di kantor pemerintah kampung pada Selasa 21 Juni 2022 turut disaksikan perwakilan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung, Kepala Distrik Wania, Pendamping Kabupaten, dan Bhabinkamtibmas Polres Mimika serta Bamuskam Kampung.

Kepada Tabukanews.com Kamis (23/06/2022), Kepala Kampung Elias Mirip mengatakan, penyaluran BLT triwulan pertama untuk periode bulan Januari, Februari, Maret 2022, setiap KK menerima Rp. 300 ribu per bulan sehingga total bantuan sebesar Rp. 900 ribu diterima bagi warga yang namanya keluar untuk menerima bantuan itu. Total dana sebesar Rp. 392,4 juta bagi 109 KK penerima manfaat di kampung domisili Orang Asli Papua (OAP) itu.

Jumlah 109 KK di tahun ini menyusut dari sebelumnya ada sejumlah 300-an keluarga penerima manfaat program. Elias menjelaskan hal ini dikarenakan ada pemangkasan dana dari pusat dan juga diterapkannya data terintegritas  dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) sehingga tidak ada yang double penerima bantuan.

Menurutnya, BLT merupakan berkat dari Tuhan sehingga harus digunakan sebaik-baiknya untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga membantu kehidupan warga. Ia menegaskan dana BLT itu tidak boleh digunakan untuk membeli minuman keras maupun togel ataupun untuk hura-hura di jalan, tapi harus dibawa ke rumah sehingga bermanfaat bagi keluarga.

Sementara itu Kepala Distrik Wania Richard Wakum mengatakan bagi warga yang sudah terima bantuan di Kantor Pos, maka kini tidak bisa lagi menerima BLT Dana Desa. Warga Kampung Mandiri Jaya yang berhak menerima BLT adalah warga yang tidak memiliki pekerjaan tetap atau keluarga ekonomi lemah yang berdomisili di kampung. Pegawai ASN, anggota TNI POLRI termasuk aparat kampung tidak termasuk sebagai sasaran bantuan. “Manfaatkan bantuan ini dengan baik, jadi berkat buat keluarga di rumah, sehingga BLT ini tepat sasaran,” sebutnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung melalui Kabid Pemerintahan Kampung, Frits Werimon, mengungkapkan penerima bantuan BLT dibuktikan dengan KTP domisili di kampung bersangkutan. Ini berlaku bagi pengelolaan Dana Desa di 133 kampung, di mana 40 persen DD dialokasikan untuk BLT sebagaimana program ini menjadi prioritas program nasional. “BLT dibagikan untuk warga tidak boleh ganda, karena ketika pemeriksaan oleh Inspektorat akan jadi temuan. Jadi kita bekerja sesuai dengan aturan yang berlaku,” ungkapnya.

Bhabinkamtibmas Polres Mimika Donald Mella mengatakan sesuai dengan instruksi dari Kapolsek dan Kapolres Mimika AKBP I Gede Putra, warga diminta tidak menyalahgunakan dana BLT itu, semisal khususnya oleh kaum adam atau ‘bapa-bapa’ untuk mabuk minum Miras alkohol. “Kapolres tekankan pesan ini, mari kita jaga keamanan wilayah kita,” tandasnya. (Manu)

Idul Fitri 1 Syawal 1443 H

dprd kabupaten mimika
keluarga johannes rettob
bpkad kabupaten mimika
kesbangpol kabupaten mimika
perhubungan kabupaten mimika
dprd kabupaten mimika
tanaman pangan kabupaten mimika
pendapatan daerah kabupaten mimika
tp-pkk kabupaten mimika
kampung nawaripi

Tentang Kami

Memberikan informasi yang benar karena kami Berpihak Pada Kebenaran yang Jernihnya Nyata