Main Area

bayar pajak daerah
pesparawi xiii kab mimika

Main

Kampung Mandiri Jaya Programkan Jadi Kampung Agrowisata

Timika,TabukaNews.com - Kepala Kampung Mandiri Jaya, Distrik Wania, Elias Mirip memprogramkan kampung itu sebagai Kampung Agrowisata. Program itu sebagai bagian dari upaya melaksanakan pembangunan yang ramah lingkungan serta mengembangkan potensi warga mengelola sektor perkebunan. Serta tak lupa mengangkat unsur kearifan lokal Mimika sebagai bagian dari upaya pembangunan, sebagaimana harapan pemerintah pusat kepada pemerintah daerah di Papua termasuk di Kabupaten Mimika.

“Kampung ini kami mau jadikan sebagai kampung agrowisata, sebagai kampung hutan dalam kota,” ujarnya kepada wartawan Jumat (16/07).

Menurutnya pihaknya telah melakukan kegiatan swadaya dalam upaya mewujudkan program besar Kampung Agrowisata itu. Mulai dari meminimalisir dampak pembangunan pemukiman warga terhadap lingkungan hutan sekitar, menanami kembali lahan terbuka dengan berbagai jenis pohon buah-buahan bahkan pihaknya telah mengkapling daerah yang rencananya akan dijadikan sebagai lokasi hutan kota itu.

“Warga dan pemerintah kampung kami menjaga hutan. Kami juga menanam pohon dan menjaga spesies hewan-hewan yang ada di dalam hutan bisa terjaga lestari. Kami lakukan penanaman pohon buah sejak kami buka kampung ini di tahun 2007 silam. Dalam membangun pemukiman juga kami ingatkan warga agar tidak boleh menebang pohon sembarangan,” ungkapnya.

Kedepan bila pohon berbuah pada musimnya, warga bisa menikmati udara segar jalan-jalan di perkebunan sambil memetik buah langsung dari pohon dan menikmatinya. Demikian Elias Mirip memproyeksikan Kampung Agrowisatanya kelak. 

“Program ke depan dan kami sudah dan sedang lakukan. Ada lahan terbuka, kami tanam kembali dengan pohon jenis buah-buahan seperti pohon rambutan keplapa, pinang, durian. Sehingga diharapkan ke depan saat lahan ini siap, pada musim buah-buahan warga bisa tamasya petik sendiri. Siapapun yang ingin menikmati sejuknya alam, bisa datang bermain di kampung kami, ini yang kami programkan ke depan,” harapnya.

Elias Mirip Kepala Kampung Mandiri Jaya itu menambahkan, dukungan pemerintah daerah Mimika menjadi faktor penentu keberhasilan program Kampung Agrowisata ini. Menurutnya warga telah melakukan upayanya sebagai wujud niat dan keinginan yang kuat untuk mewujudkan program besar itu. Tinggal dari pemerintah melalui OPD terkait diharapkan bisa merespon keinginan warga ini sehingga bisa diadopsi menjadi program pemerintah yang melibatkan warga masyarakat asli secara langsung, mengimplementasikan kearifan lokal dan pengembangan ekonomi kerakyatan.

Elias berharap pemerintah bisa memperhatikan hal ini, sehingga bisa mengakomodir program yang lahir dari niat dan keinginan yang baik dari masyarakat Kampung Mandiri Jaya, Distrik Wania itu. “Tinggal pemerintah untuk merespon keinginan kami ini atau tidak, karena sejalan dengan araham pemerintah pusat yang menekankan bahwa pemerintah daerah dalam programnya harus program yang menyentuh kearifan lokal, menyentuh masyarakat secara langsung, tandasnya. (tim)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika