Main Area

bayar pajak daerah
pesparawi xiii kab mimika
PON XX Papua

Main

Kampung Mandiri Jaya Layak Jadi Kampung Percontohan

 

Timika,TabukaNews.com - Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Mimika Yosephine Sampelino mendorong warga di Kampung Mandiri Jaya untuk tekun dalam mengembangkan peningkatan perekonomian warga, lewat sektor peternakan dan pertanian.

Hal ini diungkapkannya di hadapan wartawan Selasa,(11/08/2021) setelah menyaksikan sendiri di kampung itu banyak komoditi tanaman buah-buahan yang bertumbuh dengan baik.

“Kampung ini bisa menjadi percontohan. Bukan hanya dari wilayahnya yang asri dan hijau saja, tapi juga dari keberhasilan usaha ternak dan pertanian. Saya perhatikan semua warga rajin, terbukti dengan tanaman di halaman rumah-rumah warga semuanya subur. Sehingga pemerintah tidak ragu-ragu untuk bantu di sini,” ungkapnya

Menurutnya, kampung yang asri karena dibangun berkonsep ramah lingkungan hijau, layak menjadi kampung percontohan di Kabupaten Mimika. Hal ini lantaran belum lama kampung itu dibuka, namun sudah menunjukkan keberhasilan pemberdayaan masyarakat setempat yang tidak lepas dari inovasi dan kerja keras dari Kepala Kampung Elias Mirip didukung seluruh perangkat pemerintahan kampung dan segenap warga di kampung.

“Warga di desa ini bersyukur, ada kepala kampung yang punya pemikiran yang baik bagi peningkatan kesejahteraan warga di sini. Juga ada pemerintah distrik dan tim pendamping yang membantu,” imbuhnya.

Sebagai contoh, usaha peternakan ayam yang dibantu dinas yang dipimpinnya, kata Sampelino, sejak tahun 2019 hingga sekarang masih eksis dan berkelanjutan. Membuktikan keseriusan warga menjaga usaha ternak bantuan pemerintah. Demikian pula penanaman pohon kelapa dan pinang saat kampung itu mulai dibuka, terus dirawat warga dengan baik sehingga hasilnya sudah mulai bisa kelihatan. Belum lagi pohon yang ditanam swadaya oleh warga seperti rambutan, alpukat dan durian dinilai berhasil sehingga bisa mendatangkan manfaat bagi ekonomi warga.

“Kandang ayam yang dibantu dinas di tahun 2019, saya lihat masih ada, berarti warga merawat bantuan. Sehingga ke depan kita tidak ragu lagu turunkan bantuan ke sini. Selain kepala dan pinang, saya perhatikan ada banyak pohon rambutan dan alpukat bertumbuh dengan baik. Pohon durian juga pasti ke depan akan berbuah dengan baik,” pujinya. 

Di tahun-tahun ke depan, peternakan hewan babi yang sedang mulai dirintis di Kampung Mandiri Jaya itu akan turut diperhatikan oleh Disnakkeswan Mimika. Persemian kandang ternak babi pada Selasa 10 Agustus kemarin, menjadi tanda dimulainya program ekonomi di kampung yang 100 persen dihuni Orang Asli Papua itu, dalam sektor peternakan.

“Ke depan akan menjadi salah satu perhatian pemerintah untuk kampung ini, bagaimana bisa masuk bantuan peternakan, sesuai dengan kemampuan keuangan daerah,” tandasnya. (Manu)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika