Main Area

pesparawi xiii
dprd kabupaten mimika

Main

Kajari Timika Awasi Anggaran Covid-19 Mimika

Timika,TabukaNews.com - Jajaran Kejaksaan Negeri Timika dalam beberapa pekan terakhir melakukan pengawasan dan pencegahan terjadinya penyelewengan anggaran penanganan pandemi COVID-19 di Kabupaten Mimika.
Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasih Pidsus) pada Kejaksaan Negeri Timika Donny S Umbora di Timika, Saat di temui, di Mile 32, mengatakan seluruh jaksa yang bertugas di kejaksaan Negeri Timika, otomatis masuk dalam tim pengawasan dan pencegahan penyelewengan dana COVID-19.
“Kepala Seksi Intelijen Kejari Timika menjadi Koordinator, saya dan semua teman-teman Jaksa masuk dalam tim itu. Sekarang kami sedang melakukan pengawasan dan pencegahan terjadinya penyelewengan dana COVID-19.” Jelas Donny.
Mengingat saat ini sebagian besar pekerjaan dan penanganan COVID-19 masih berjalan, yang bisa kami lakukan baru sebatas tugas-tugas pengawasan dan upaya pencegahan.
Sebelumnya Kepala Kejaksaan Negeri Timika Mohamad Ridosan mengatakan penggunaan dana COVID-19 harus sesuai dengan ketentuan Peraturan Presiden dan berbagai peraturan pelaksana lainnya.
“Kami akan mengawasi apakah penggunaan dana COVID-19 di Mimika sudah sesuai yang diatur dalam Perpres. Tentu harus ada terlebih dahulu audit oleh APIP (Aparat Pengawasan Intern Pemerintah) dan BPKP,” kata Ridosan.
Kajari menegaskan sesuai standar operasi prosedur (SOP) yang dikeluarkan pemerintah, penyelidikan dana COVID-19 tidak bisa dilakukan secara sembarangan.
Pemeriksaan hanya bisa dilakukan jika benar-benar ada upaya atau niat jahat oleh pihak tertentu untuk memperkaya diri sendiri atau menguntungkan pihak pihak lain.
“Kalau hanya sebatas kesalahan administrasi yah tentu harus diperbaiki, apakah berupa tuntutan penggantian kerugian atau seperti apa rekomendasi APIP dan BPKP. Instruksi Presiden menyatakan seperti itu. Namun tidak berarti kalau ada penyelewengan tidak boleh dipidana. Kami akan melihat benar atau tidak pemanfaatannya. Apakah ada niat untuk menguntungkan diri sendiri atau orang lain,” kata Ridosan menjelaskan. (tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika