Main Area

Main

Kadistrik Miru Soroti Masalah Penanganan Sampah

Foto Kepala Distrik Miru Drs. Ananias Faot, M. Si / Dok.Tabukanews.com

TIMIKA, TABUKANews.com- Kepala Distrik Mimika Baru (Miru) Drs. Ananias Faot, M. Si mengatakan, rendahnya kesadaran masyarakat dalam membuang sampahnya masih kurang. Hal tersebut diungkapkan saat memberikan sambutan pada peringatan HUT Distrik Miru ke 21.

"Masalah sampah ini juga bermasalah setelah kita berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup dan semua sudah," kata Kadistrik Miru Drs. Ananias Faot M. Si, usai menghadiri HUT Distrik Miru ke 73 di halaman kantor Distrik Miru, Senin (27/8).

Hanya saja. Ananias mengungkapkan faktor kurangnya kesadaran merupakan hal utama dalam hal penanganan sampah.

"Tapi kemudian yang saya lihat itu tingkat kesadaran masyarakat yang rendah," ungkapnya.

Sudah ada koordinasi antar Pemdis dan DLH namun masih saja ditemukan warga yang membuang sampah dengan sembarang sehingga warga tersebut ditegur agar tidak membuang sampah dilokasi tersebut, tapi masih saja ditemukan sampah pada pagi hari.

"Sudah sering tegur di lapangan dan ini dari sisi pernah yang sebenarnya perlu koordinasi dengan baik supaya kedepan bisa tertib," tuturnya.

Sementara itu ditanya terkait fasilitas yang diberikan kepada masyarakat. Kata Ananias, sejauh ini fasilitas yang disediakan oleh DLH sudah diberikan, baik tempat sampah, armada pengangkut bahkan petugas kebersihan, namun semua itu tidak ada artinya apabila kurangnya kesadaran dari masyarakat.

"Sepanjang ini untuk fasilitas adalah tanggung jawab dari dinas terkait dalam hal ini dinas linfki hidup termasuk armada pengangkut sampah," ungkapnya. (Rfl/TB)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika