Main Area

Pelantikan dprd mimika

Main

Kadistanbun Janji Akan Tambah Bantuan Bagi Kampung Mandiri Jaya

Kepala Dinas Pertanian Dan Perkebunan !Distanbun) Kabupaten Mimika Yohana Paling/ Foto: Istimewa

 

Timika,Tabukanews.com - Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Kabupaten Mimika Yohana Paliling berjanji akan memberikan bantuan kepada warga kampung Mandiri Jaya walaupun pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 Kodim 1710/Mimika.

Bantuan tersebut diharapkan nantinya kedepan masyarakat kampung Mandiri Jaya lebih berkembang dalam sisi pertanian.

Ia mengakui untuk memberdayakan masyarakat tidak hanya sekedar melakukan penyuluhan tapi harus dibarengi dengan bantuan berupa pupuk, bibit dan alat-alat pertanian lainnya sehingga masyarakat bisa langsung mengimplementasikan cara bercocok tanam yang baik.

"Kedepan, kami akan berikan bantuan lagi kalau paketnya sudah tersedia," kata Yohana ketika ditemui di kampung Mandiri Jaya, Selasa (16/7).

Kata dia, sejauh ini pihaknya berjalan dengan anggaran seadanya, sebab banyaknya anggaran untuk pertanian yang sumber dari dana Otonomi Khusus (Otsus) yang belum bisa dicairkan atau belum berjalan.

Kendati demikian, untuk memberikan motivasi kepada warga merupakan tanggung jawabnya agar warga lebih mandiri dan bisa berkembang dari sisi pertanian dan perkebunan.

"Kegiatan kami untuk tahun ini bagi pelayanan petani belum sepenuhnya berjalan karena semua ada di dana Otsus," ungkapnya.

Sementara itu, Dandim 1710/Mimika menyambut baik kegiatan penyuluhan yang dilakukan oleh Dinas Pertanian dan Perkebunan untuk warga kampung Mandiri Jaya.

Menurutnya, usai pelaksanaan TMMD warga kampung Mandiri Jaya sudah mendapatkan fasilitas begitu juga telah dibekali dengan berbagai metode bagaimana cara bercocok tanam yang baik serta memanfaatkan lahan yang ada, begitu juga cara beternak yang baik dan cara perawatannya, cara yang diterima akan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

"Penyuluhan dan memberikan motivasi ini sangat baik, tinggal bagaimana masyarakat bisa mempraktekannya," kata Dandim, Selasa (16/7). (jrl)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika