Main Area

Main

Kadisdik : Belum Bayar SPP Siswa Berhak Ikut Ujian

 Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mimika, Jeni O Usmany, SPd MPd/ foto : copyright. dok tabukanews.com

TIMIKA, TABUKANews.com - Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mimika, Jeni O Usmany, SPd MPd menegaskan kepada semua sekolah untuk tetap mengikutkan para siswa dalam ujian semester meskipun mereka belum melunasi uang sekolah (SPP) dan kewajiban lainnya.

Jeni memberi peringatan keras dan melarang pengelola sekolah negeri maupun swasta untuk mengeluarkan siswa atau tidak mengikutkan siswa dalam ujian kenaikan kelas dengan alasan belum lunasi SPP.

“Selama ini sekolah negeri dan sekolah swasta pemerintah bantu dengan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Bantuan Operasional Daerah (BOPDA). Adanya dana ini, diharapkan sekolah tidak terlalu membebani siswa. Memang kewajiban mereka untuk membayar SPP dan lain-lain tapi kasih keringanan dan mereka punya hak untuk ikut ujian maupun ulangan lainnya,” tegas Jeni.

Jeni menuturkan, sekolah swasta atau negeri dilarang keras  mengeluarkan anak karena tidak membayar uang sekolah. Terlebih sekolah negeri, karena sekolah negeri ini milik pemerintah dan gratis.  Untuk ujian semester atau ujian kenaikan kelas ini, semua siswa harus ikut, karena itu hak mereka.

Sikap tegas pemerintah melalui Dinas Pendidikan (disdik) menurut Jeni sangat tegas sekolah jangan menyusahkan dan mempersulit siswa. Ada aturan yang diatur pemerintah yaitu melarang sekolah mengeluarkan anak dari dalam ruangan kelas karena belum bayar uang sekolah.

Jeni mengaku sampai saat ini belum ada laporan (pengaduan) resmi dari masyarakat atau orang tua murid kalau ada sekolah yang mengeluarkan anak dengan alasan tidak bayar SPP sekolah sudah melakukan pelanggaran aturan.

“Belajar itu hak asasi manusia, hak anak tidak boleh dilarang, semua sekolah khan terima dana BOS, nanti BOPDA juga ada, ada hitunganya, jadi tidak boleh dikeluarkan hanya karena tidak membayar uang sekolah,” jelas Jeni. (tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika