Main Area

Main

Kabag Ops Polres Mimika : Sekolah di Kwamki Narama Belum Difungsikan Baik

Kabag Ops Polres Mimika, Kompol Toni Upuya / Foto : Dok Tabukanews.com

 TIMIKA, TABUKANews.com - Kabag Ops Polres Mimika, Kompol Toni Upuya mengatakan pasca perdamaian konflik di Kwamki Narama, sampai saat ini sekolah-sekolah di Kwamki Narama belum difungsikan secara optimal.

"Sampai saat ini, sekolah-sekolah di Kwamki Narama, baik TK, SD, SMP belum berjalan normal. Dan kegiatan belajar mengajar (KBM) masih ditempatkan di rumah-rumah warga," kata Toni saat ditemui di Kantor DPRD Mimika, Kamis (3/5).

Toni mengatakan, pada saat terjadinya konflik sosial antara kelompok warga di Kwamki Narama, sekolah-sekolah di sana mengalami rusak berat dan tidak bisa digunakan. Karena pasca perdamaian, TNI-Polri melakukan pembersihan di sekolah-sekolah dengan tujuan agar bisa digunakan kembali.

“Walaupun sudah dibersihkan dan perdamaian yang disertai komitmen untuk tidak terjadi perang lagi sudah dilakukan. Tapi sekolah-sekolah disana belum diaktifkan dengan maksimal,” tutur Toni.

Menurut dia, pelaksanaan pendidikan di Kwamki Narama sudah berjalan, tetapi tidak pada tempatnya. Artinya, tempat buat anak-anak ikut sekolah masih sementara karena masih menumpang di rumah-rumah warga sekitarnya  baik TK, SD, dan SMP.  Ini karena gedung sekolah disana sudah hancur pada saat terjadi perang.

“Karena sekolahnya masih pindah-pindah di rumah warga, orang tua muridpun harus antar jemput. Padahal bangunan sekolah ada di depan rumah mereka,” kata Toni.

Dia menambahkan,  usai  perdamaian pemerintah kabupaten (Pemkab) Mimika sudah melihat, tetapi belum ada tindaklanjut untuk memperbaiki sarana dan prasana yang ada. Oleh itu, terus kita ingatkan agar pemda memperhatikan hal tersebut.

“Kami harap hal ini menjadi perhatian semua pihak, khususnya Pemda dan DPRD Mimika. Sehingga ada perbaikan untuk gedung-gedung sekolah yang sudah hancur,  akibat konflik yang terjadi,”tuturnya. (tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika