Main Area

pesparawi xiii
robby omaleng

Main

Jumlah ODP,OTG di Mimika Bertambah

 

Timika, TabukaNews.com – Juru bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (TGTPP) Covid-19 Kabupaten Mimika, Reynold Ubra mengatakan hingga Senin (20/4/20) jumlah pasien Positif Covid 19 tidak ada perubahan, namun ada tambahan Orang Dalam Pengawasan (ODP) berjumlah 161 dan Orang Tanpa Gejala (OTG) juga bertambah menjadi 277 orang.

 “Pasien Dalam Pengawasan (PDP) tetap berjumlah 52 orang tidak terjadi penambahan, sementara Orang Tanpa Gejala (OTG) bertambah menjadi 277 yang sebelumnya hanya 259. Namun jumlah PDP yang sudah pulang bertambah menjadi 23 orang dari sebelumnya 21 orang, sembuh 4 orang dan meninggal 3 kasus,” tulis Reynold.

Dijelaskan Reynold, bahwa gambaran pasien Covid-19 bahwa pasien positif sampai hari ini  di RSUD berjumlah 12 orang, isolasi Shleter 9 dalam pengawasan RSUD, Rumas Sakit Tembagapura 2 orang dan RSMM 2 orang.

“Dari total 32 kasus yang dilaporkan positif, 11 orang 34 persen adalah hasil tracing kontak. Mulai hari Senin hingga Rabu mendatang, kami sedang mengumpulkan semua kontak ditambah orang yang memiliki riwayat kontak. Dari kontak tracing untuk diperiksa rapid tes (tes cepat). Dan trend peningkatan kasus ini menunjukan adalah pencarian kasus secara aktif dan kami akan memperluas pencarian kasus,” jelasnya.

Ditambahkannya, sebanyak 520 orang datanya sudah tersedia sehingga kami siap menyerahkan datanya kepada RT/RW, kelurahan dan distrik.

“Yang harus diantisipasi adalah percepatan penyebaran penularan akibat pergerakan penduduk kota Timika yang sangat tinggi apalagi di pagi hingga siang hari,” kata Reynold.

Reynil Ubra mengungkapkan salah satu alas an ketidak jujuran dan stigma membuat tim kasulitan dalam memprediksi orang-orang yang kemungkinan terpapar dan belum terdata maupun orang yang melaporkan diri secara masif dilakukan, mengingkat saat ini di Mimika sudah terjadi penularan covid transmisi local. 

 “Padahal untuk mencari kontak adalah pekerjaan yang sangat penting, sehingga kemasan informasi terutama peran tim media sangat diharapkan supaya yang pernah kontak dapat melapor kepada Fasilitas kesehatan terutama puskesmas.” Ujarnya. 

Sementara untuk jumlah tenaga medis, jika tidak ada intervensi maka jumlah tenaga kesehatan dan sumber daya kesehatan lainnya pasti tidak akan cukup sehingga perluasan mencari kontak dan melakukan tes massal terhadap ODP, OTG adalah strategi untuk memastikan banyaknya kasus yang belum dijaring. (tim)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika