Main Area

bayar pajak daerah
pesparawi xiii kab mimika

Main

Juli 2020- Mei 2021 122 Kasus Lakalantas Terjadi di Timika

Timika, TabukaNews.com - Kasus Kecelakaan Lalu Lintas (Lakalantas) di  Mimika sejak Juli 2020 sampai dengan Mei 2021 sebanyak 122 kasus. 

Dari 122 kasus tersebut, korban yang mengalami luka sebanyak 169 dan korban  meninggal dunia sebanyak 33 kasus. 

Kasat Lantas Polres Mimika Iptu Devrizal saat ditemui di Jalan Budi Utomo, Jumat (25/6) mengatakan data tersebut berdasarkan Integrated Road Safety Management System (IRSMS). 

IRSMS sendiri adalah aplikasi pencatatan data kecelakaan yang dikembangkan oleh Polri. Jumlah kasus Lakalantas tersebut juga sudah terintegarsi dengan laporan dari Jasa Raharja. 

Dikatakan, setiap kejadian kecelakaan yang mengakibatkan korban luka maupun meninggal dunia kita diwajibkan secara institusi kerjasama dengan pihak Jasa Raharja karena ini menyangkut dana santunan keselamatan. Kalau ada kecelakan otomatis kita langsung buat laporan polisi dan kita melaporkan semua kecelakan yang terjadi di Kabupaten Mimika dan kita tembusi pada pihak Jasa Raharja yang sudah kita masukan kedalam sistem IRSMS mengenai data kecelakan.

Devrizal mengatakan kasus kecelakaan di Kota Timika sendiri di dominasi oleh para pengemudi mau pengendara yang mengendarai kendaraan dibawa pengaruh minum keras. 

"Paling banyak itu disebapkan oleh miras, dimana pengguna jalan sudah tahu mengkonsumsi minuman keras tetapi tetap membawa kendaraan sehingga terjadi hilangnya konsentrasi di dalam mengemudi dan terjadilah kecelakan," kata Devrizal 

Selain miras di beberapa kasus juga disabapkan karena kelalaian dari pengendara sendiri. 

"Ada yang laka tunggal, ada yang pengemudi sepeda motor tabrak, ada  juga kendaran roda empat itu out of control sehingga keluar dari pada badan jalan," kata Devrizal. (tim)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika