Main Area

pesparawi xiii
ulang tahun ke 36

Main

John Rettob Buka Isolasi Komunikasi di Pesisir Pantai

BTS Telkomsel yang dibangun atas usulan dari Jhon Rettob saat masih menjabat Kadis Perhubungan/ Foto : Dok Tabukanews.com

TIMIKA, TABUKANews.com - Kebutuhan sarana komunikasi telah menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat Mimika, bukan hanya perkotaan namun warga pesisir dan pedalaman juga mulai merasakan efek dominonya.

"Sekarang kita sudah masuk dalam jaman teknologi. Kita harus memberikan pemerataan pelayanan, sehingga semua orang yg ada di kampung pedalaman bisa mendapatkan pelayanan komunakasi yg baik," ujar Jhon Rettob.

Guna memudahkan pelayanan pemerintah, Bupati Eltinus Omaleng dan John Rettob membangun jaringan komunikasi yang ada di beberapa titik pedalaman sehingga dapat menghubungkan wilayah satu dengan lainnya.

Tahun 2015 Pemda Mimika melalui Dinas Perhubungan bekerjasama dengan Telkomsel Mimika membangun tower pertama di Distrik Atuka.

Dalam kerjasama itu Telkomsel membangun Tower sementara Pemda Mimika membebaskan lahan, menyediakan suplai listrik (solar cell 10 ribu watt) dan menyediakan fasilitas perumahan. Kini masyarakat Atuka dan sekitarnya sudah dapat menikmati layanan jaringan telkomesel.

Tahun 2017 Dinas Perhubungan membangun tower jaringan 75 meter di Kokonao. Baik di Atuka maupun Kokonao, daya jangkau jaringan totalnya mencapai 7 kilometer hingga 15 kilometer.

"Kalau di Kokonao tinggal telkomsel memasang BTSnya karena tower ini milik pemerintah. Jadi kalau ada provider lain yang mau sewa, kita bisa sewakan. Kami berencana akan bangun tower di semua ibukota distrik secara bertahap sehingga bisa terhubung dengan pusat pemerintah sehingga smart city bisa jalan dan membuka isolasi komunikasi di Mimika," ungkapnya. (Tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika