Main Area

bayar pajak daerah
pesparawi xiii kab mimika
PON XX Papua

Main

Jeritan Warga Ditengah Pendemi Corona

Foto ilustrasi 

 

Timika,TabukaNews.com – Warga mimika pertanyakan hingga kini menenati kejelasan pembagian bahan pokok makanan ditengah pandemic covid-19 saat ini, dari pemerintah daerah kabupaten Mimika.  

Bahkan sebagian warga yang tidak memiliki pekerjaan tetap mulai ramai menjual barang barang elektronik, maupun peralatan rumah tangga mereka hanya untuk membeli bahan makanan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga. 

Karena mereka menunggu bantuan dari pemerintah daerah yang sudah dijanjikan namuan hingga kini belum terealisasi padahal aparat kampung melalui keliuhatan hingga RT sudah mendata. 

Hal itu dikeluhkan salah satu janda dua anak yang berdomisili di RT 10 kelurahan sempan, Minggu (20/4), berjalan mencari warga lainnya untuk membeli peralatan elektronik miliknya. 

“saya mau jual televise mungkin ada yang mau beli kah, saya mau pakai beli beras untuk makan,” ujar wanita paruh baya saat didampingi kedua anak putra dan putrinya itu. 

Wanita yang tidak mau disebutkan namanya itu, pada pagi hari menyuru anaknya untuk pergi berjualan pinang namuan tidak laku, sehingga memutuskan untuk menjual barang eletroniknya, bahkan wanita yang sehari hari berjualan di pasar itu, berniat menjual kulkas dan DVDnya hanya untuk memenuhi makan minum sehari hari. 

“kami belum ada bantuan saya sudah bolak balik tapi belum ada yang beli televise,” ujarnya. 

Saking membuthkan uang, barang elektronik yang seharusnya dijual mahal, itu tersebut hanya menjual dengan harga murah Rp 600 ribu bahkan bisa ditawar hingga Rp 400 ribu. 

Walau demikian, banyak warga juga yang memberikan dukungan terhadap pemerintah daerah, tentang penyaluran sembako secara bertahap dan penutupan akses-akses jalan.

Sementara sebagian wilayah keluharan sudah mendapatkan sembako yang sangat dibutuhkan untuk masyarakat ekonomi bawah. 

Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob sejauh ini Pemda Mimika baru menyalurkan bantuan ke Distrik Mimika Timur, Kwamki Narama dan Kuala Kencana. Sedangkan untuk distrik pegunungan dan pedalaman sudah disiapkan hanya tinggal menunggu teknis penyalurannya.

“Kami belum salurkan bantuan ke Mimika Baru termasuk Wania. Kita lakukan penyalurannya secara bertahap dengan berbagai pertimbangan dan juga melihat ketersediaan barang, tapi intinya semua distrik akan dibagikan,” ujarnya.

Pembagian sembako oleh pemerintah daerah ke masyarakat disalurkan oleh pemerintah distrik melalui kelurahan, kampung hingga rt. Karena data kependudukan dan mereka lebih mengenal warganya, terutama yang berhak menerima bantuan. (tim)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika