Main Area

Main

Jelang Pelantikan Bupati dan Wabup Terpilih Pemda Mimika Belum Ada Persiapan

Sekda Mimika, Marthen Paiding/Foto : Tim

Timika, TabukaNews. Com – Menjelang pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih periode 2019-2024, yang rencananya akan di lantik bulan september mendatang namun hingga kini pemda Mimika belum mendapat petunjuk teknis seperti apa pelaksanan pelantikan nanti.  

Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Mimika, Marthen Paiding saat dihubungi  tentang perkembangan rencana pelantikan nanti,  mengatakan bahwa pihaknya sampai sejauh ini masih menunggu petunjuk dari Bupati Mimika Eltinus Omaleng. 

“Biasanya dilakukan di Jayapura tetapi kemarin melalui DPRD kita meminta ke Kemendagri agar pelantikan dilakukan di Timika. Nanti kami akan koordinasi lagi dengan provinsi tentang hal ini.” Katanya. 

Namun seandainya pelantian di Jayapura maka provinsi yang mengambil alih termasuk kepanitiannya namun pihaknya akan terus dengan pihak provinsi seperti apa pelabtikanya karena pelantikan nanti tidak lagi melalui rapat paripurna DPRD melainkan langsung oleh gubernur. 

Sementara itu, Wakil Bupati terpilih Johannes Rettob saat di konfirmasi tempat terpisah mengatakan bahwa hingga saat ini pihaknya belum menerima informasi apapun dari Pemerintah Daerah. 

“Saya tahu tanggal 6 tetapi sampai saat ini saya belum dihubungi sekalipun oleh pemda tentang bagaimana rencana ini. “ katanya.  

Lanjut dia,  hingga kini pihak pemda mimika belum koordinasi apa yang harus kami siapkan, jahit bajunya bagaimana, apakah ditangung masing masing  atau seperti apa, termasuk yang lain-lain. 

“Setidaknya disampaikan supaya kita juga tahu bagaimana perkembangan dan persiapannya,” ungkapnya.

Diketahui bahwa, Berdasarkan Surat Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Mimika Nomor 32/HK.03.1.Kpt/9109/KPU-Kab/IX/2018 pada 27 Juni 2018 lalu tentang Penetapan Pasangan Bupati dan Wakil Bupati terpilih hasil Pemilu Bupati dan Wakil Bupati. 

Maka   Pada 20 Maret 2019 lalu, DPRD Kabupaten Mimika telah melakukan Rapat Paripurna Istimewa Pengumuman Penetapan Calon Terpilih Bupati dan Wakil Bupati Mimika Periode 2018-2024 dimana pasangan Eltinus Omaleng dan Johannes Rettob (OMTOB) sebagai pasangan pemenang Pemilukada Mimika 2018. 

Sementara itu perlu diketahui juga bahwa,  masa jabatan Bupati Mimika Eltinus Omaleng dan Wakil Bupati Yohanes Bassang  (Ombas) akan berakhir pada 6 September 2019.  Sehingga estimasi waktu pelantikan diperkirakan tersisa 24 hari lagi terhitung sejak Selasa (13/8) hingga 6 September nanti,  untuk pelantikan pasangan Bupati dan Wakil Bupati terpilih. 

Dimana,  sesuai UU nomor 23 Tahun 2014 Pasal 60 menyebutkan bahwa masa jabatan kepala daerah (gubernur, walikota dan bupati) adalah 5 tahun terhitung sejak pelantikan. Dan sesudahnya dapat dipilih kembali dalam jabatan yang sama hanya untuk satu kali masa jabatan. Masa jabatan kepala daerah tidak boleh dikurangi atau ditambah sehari sekalipun.

Dengan demikian maka kemungkinan pada tanggal 6 September nanti harus dilakukan pelantikan bupati dan wakil bupati Mimika terpilih periode 2019-2024. (Tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika