Main Area

pesparawi xiii

Main

Jelang Akhir Tahun, Polisi Sita 60 Liter Milo di Delapan Titik

Tim gabungan berhasil amankan satu dari tujuh pelaku yang kedapatan sedang melakukan proses suling milo.

 

Timika,TabukaNews.com – Menjelang akhir tahun 2019, Tim gabungan Polres Mimika dan Polsek Mapurujaya kembali menyita 60 liter minuman beralkohol tradisional jenis sopi di delapan titik wilayah Mimika Timur, Senin (30/12).

Menindak lanuti laporan masyarakat karena aktifitas penyulingan minuman keras local masih terus dilakukan walaupun sudah sering di grebek kepolisian hingga tempat mereka di bakar namun oknum warga kembali melakukan aktifitas tersebut. 

Penggerebekan dipimpin langsung Kasat Narkoba Polres Mimika Iptu Sugarda Aditya Wibawa di beck up Shabara, Perintis, Timsus dan Satresnarkoba polres Mimika, dan polsek Mapurujaya distrik Mimika timur. 

Barang bukti minuman keras 60 liter sopi tersebut diamankan dari tangan  tujuh pelaku, diantaranya satu pelaku yang  diamankan ketika sedang melakukan proses suling dan sebagian pelaku tertangkap karena menyimpan untuk diperjual belikan. 

Lokasi penyulingan diketahui didekat pemukiman warga setelah diselidiki ternyata di hutan – hutan bakau juga dilakukan hal serupa sehingga tim bergerak melakukan penyisiran hingga hingga kehutan mengunakan long boat.

"Tujuan kegiatan ini adalah untuk menertibkan peredaran minuman lokal diwilayah Kabupaten Mimika secara maksimal," kata Kasat Narkoba Polres Mimika,Sugarda Aditya Wibawa seusai kegiatan.

Menurut Sugarda bahwa,  kegiatan yang sudah dilakukan merupakan perintah langsung Kapolres melalui kebijakan dari Kapolda bahwa peredaran minuman lokal diproses tegas dengan UU Kesehatan dan perdagangan.

"Ketujuh pelaku beserta BB saat ini kita amankan di Polres.Dari tujuh pelaku itu ada satu keluarga yang mana adik dari salah satu pelaku, dan itu akan kita kembangkan apakah terlibat atau tidak,"ungkapnya.

Kata Sugarda juga bahwa penggerebekan milo ini bukan hanya di wilayah Miktim tapi akan merembet ke wilayah kota.

"kita akan mulai bekerja untuk tertibkan yang namanya sopi. Jadi 60 liter sopi itu saat disita itu sebagain ada di dua gen warna putih ukuran 30 liter yang tidak terisi penuh dan sebagainya mereka isi dalam plastik, "katanya. (Tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika