Main Area

Main

Jelang 1 Desember, Timika Siaga Satu

Dandim 1710/Mimika Letkol Inf Pio L. Nainggolan saat memberikan arahan kepada anggota TNI/ Foto : Istimewa

TIMIKA, TABUKANews.com - Dalam rangka mencegah upaya pergerakan jelang 1 Desember 2018, Dandim 1710/Mimika Letkol Inf Pio L. Nainggolan  mengingatkan kepada kelompok separatis agar tidak membuat pergerakan yang dapat menimbulkan konflik dan mengganggu stabilitas keamanan diwilayah Kabupaten Mimika. Hal ini ia katakan saat ditemui awak media di halaman Kantor Koramil kota, Jumat (30/11).

“TNI Polri menghimbau kepada masyarakat agar jangan terlibat secara langsung maupun tidak langsung dalam aksi maupun gerakan yang dilakukan separatis baik berupa pengibaran bendera, penembakan, ibadah syukur yang dipolitisasi dan kegiatan terselubung lainnya,” tegasnya.

Ia berharap masyarakat tetap melakukan aktifitas sehari-hari seperti biasanya dan tidak ikut terpengaruh.

Dandim meminta, jika ada masyarakat yang mengetahui adannya rencana aksi yang akan dilakukan kelompok ini, agar segera melaporkan ke babinsa atau babinkantibmas.

“Kalau ada yang dapat informasi, langsung hubungi kami. Kami tidak akan diam terhadap situasional ini. Pendekatan secara persuasif maupun represif akan kami lakukan,” ungkapnya.

Dikatakan, bahwa pihaknya akan mengerahkan ratusan prajurit TNI/Polri untuk mencegah adanya aksi-aksi yang berpotensi menimbulkan konflik.

“TNI satu SSK, 100 personel yang merupakan gabungan AU, AD, AL, Brigif 20 IJK dan Yonif 754 Kostrad akan membackup kepolisian. Bersama polisi, kami akan lakukan patroli dan sweeping di lokasi yang direncanakan baik secara tertutup maupun terbuka,” ujarnya.

Berdasarkan pantauan Tabuka.com di beberapa titik, tampak prajurit TNI/Polri melakukan penjagaan dalam rangka mencegah pemicu konflik jelang 1 Desember. Beredar pula kabar, bahwa seluruh jajaran Polda Papua ditetapkan sebagai status siaga satu. (Tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika