Main Area

Main

Jelang 1 Desember, Pendulang Minta Tinggalkan Lokasi Dulang

Dandim Mimika 1710/Mimika,Letkol Inf Pio L Nainggolan/Foto : Tim-Tabukanews.com

 

Timika,TabukaNews.Com- Dandim 1710 Mimika  Letkol Inf Pio L Nainggolan menghimbau kepada seluruh  pendulang yang  beraktivitas  melakukan pendulangan diarea limba PT FI untuk segera meninggalkan lokasi dulang. Hal ini disampaikannya saat ditemui di ruang kerjanya  Senin (11/11).

"Saya perlu menghimbau  pendulang segara keluar dari  lokasi dulang di sepanjang sungai pembuangan limba PT FI," ungkapnya.

Terkait dengan himbaun tersebut,kata Dandim,bahwa dirinya juga sudah menyampaikan kepada ketua-ketua paguyuban agar kembali berikan himbauan kepada masyarakatnya untuk tidak melakukan aktivitas dulang menjelang tanggal 1 Desember , dimana tanggal tersebut adalah hari ulang tahun Organisasi Papua Merdeka (OPM).

" Kami mendapatkan beberapa kali informasi , seruaan ataupun ancaman secara halus untuk  masyarakat masyarakat pendatang yang  mendulang disana untuk  keluar dari lokasi  pendulang. Lebih baik kita sikapi lebih dini agar masyarakat kita disana kuluar dari lokasi pendulang. walapun ancaman itu belum nyata tetapi ini sebuah indikator yang perlu disikapi," kata Pio.

Disampaikan Dandim,bahwa secara umum kondisi keamanan di  wilayah teritorial Kodim 1710  masih aman dan kondusif, namun berkaca pada catatan sejarah khususnya di bulan  Desember tahun 2018, maka perlu pihaknya melakukan  antispasi  dini sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

" Yang perlu kita antisipasi adalah wilayah Tembagapura maupun kota  Timika. Untuk diiwilayah pesisir kami melihat sangat kondusif,"ungkapnya.

Ditambahkan Dandim,bahwa untuk jajaran Koramil yang tersebar di seluruh Distrik baik yang ada di kota maupun di pelosok dengan  pos satuan tugas yang ada itu sudah diingatkan.

", Dari awal sudah kita ingatkan untuk tetap hati hati dan  waspada agar tetap mengikuti situasi dan perkembangan yang sedang berlangsung," kata Pio.(Tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika