Main Area

pesparawi xiii

Main

Jalan Utama Pasar Sentral Timika Dipalang Pedagang

Pedagang kecewa setelah kios mereka dibongkar oleh petugas tanpa pemberitahuan/ foto : Dok Tabukanews.com

TIMIKA, TABUKANews.com  - Sejumlah pedagang pasar sore di pasar baru irigasi melakukan aksi pemalangan jalan utama pasar Selasa (13/3). Para pedagang tidak terima atas pembongkaran lapak jualan miliknya tanpa di lakukan pemberitahuan atau sosialisasi terlebih dahulu.

Tidak hanya itu, para pedagang juga melakukan aksi protes dengan adanya stekmen yang di lontarkan oleh Kabid Perdagangan Liber Manggara yang di tujukan kepada para pedagang yang menyatakan bahwa "Para pedagang yang tidak mendapatkan tempat jualan silahkan kumpul barang-barang pulang kampung dan bagi kaum perempuan agar menjadi pembantu rumah tangga.

Para pedagang melakukan aksi pemalangan jalan utama pasar dengan menggunakan meja kayu, ban mobil bekas dan peti sayur. Aksi ini di lakukan oleh sejumlah para pedagang pasar sore yang berjualan di Pasar Baru Irigasi yang berjumlah sekitar 20 orang pedagang. Akibat  aksi ini aktifitas jalan raya tidak bisa di lalui.

Kepala Dinas Perindustrian dan perdagangan (Disperindag) Kabupaten Mimika Bernadinus Songbes di dampingi Kabid Perdagangan Liber Manggaradi lokasi kejadian Pasar sentral Irigasi untuk menemui para pedagang.

Dalam pertemuan ini terjadi perdebatan antara Kabid Perdagangan Liber Manggara dengan sejumlah pedagang yang tidak terima lapak jualan mereka di bongkar dan juga adanya steatmen yang sebelumnya pernah di lontarkan kepada para pedagang yang membuat para pedagang tersinggung.

Kepala Disperindag Kabupaten Mimika Bernadinus Songbes mengatakan, secara teknis mempunyai beban berat di pundak untuk menata para pedagang di 3 pasar sekaligus baik itu di Pasar Swadaya SP 2, Gorong-gorong dan Pasar baru Irigasi.

“Saya meminta maaf apabila ada kata-kata yang di anggap kurang berkenan dan tolong jangan di masukkan dalam hati serta juga jangan di balas dengan aksi pemalangan karena disini ada kepala Dinasnya jadi semuanya masih bisa di bicarakan,” kata Songbes di Pasar Sentral Selasa (13/3).

Ia menambahkan, dengan berdirinya 2 bangunan baru tempat jualan, maka tugas selanjutnya harus membersihkan tempat-tempat yang membuat pemandangan tidak bagus. Bangunan tempat jualan yang ada sekarang sudah sesuai dengan standar pusat jadi tolong di jaga fasilitasnya.

 “Tugas kami saat ini yaitu menata pasar dengan sebaik mungkin.  Kami akan mengupayakan agar para pedagang bisa kembali berjualan. Saya meminta kepada para pedagang agar segera membersihkan lapak jualan mereka jika tidak kami sendiri yang akan membersihkanya,” ujarnya.

Ia berharap, agar pasar sore mulai di buka pukul 17.00 Wit, sehingga tidak lagi komplin dari pedagang pasar pagi. Ia juga meminta, agar para pedagang kembali menyiapkan jualanya dan palang kembali di buka agar tidak mengganggu aktifitas masyarakat lain.

Apa yang disampaikan Kepala Disperindag, massa para pedagang dapat menerima kemudian membuka palang selanjutnya membubarkan diri dengan tertib. (tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika